Cara Menyemai Biji Philo Eceng

Cara menyemai biji Philo eceng.Perbanyakan tanaman philo eceng umum dilakukan melalui biji, penyetekan, dan pemisahan anakan. Alternatif perbanyakan flora asal hujan tropis secara modern ialah melalui kultur jaringan. Di Indonesia perbanyakan philo kodok secara kultur jaringan belum bisa diterapkan.

Namun, ada kemungkinan di negara lain yang telah keranjingan tanaman hias seperti Thailand telah mencoba memperbanyak philo eceng melalui cara ini. Banyak keuntungan diperoleh melalui perbanyakan kultur jaringan. Selama selang waktu relatif cepat, dapat dihasilkan hingga ratusan tanaman philo eceng.

Metode ini biasanya hanya dilakukan oleh perusahaan komersial dan memiliki modal usaha cukup besar. Hal ini disebabkan ongkos pelaksanaan di laboratorium cukup tinggi dan dibutuhkan tenaga ahli untuk perlakuan kultur jaringan.

Baca Juga:

Perbanyaka philo eceng dengan kultur jaringan sangat sulit bila dilakukan bagi orang awam, perlu ilmu dan keahlian khusus dalam penerapannya. Teknik dan bahan yang digunakan pun tidak sembarangan diperoleh. Teknik perbanyakan ini dilakukan pada kondisi steril dan higienis sehingga kualitas benih lebih terjamin serta bebas penyakit. Tanaman baru akan tumbuh seragam dengan tampilan optimal.cara menyemai biji tanaman hias philo eceng

Artikel terkait

Teknik kultur jaringan dilakukan dengan mengisolasi bagian tanaman yang berisi meristem dan jaringan-jaringan seperti pada bagian sel daun, batang, dan akar. Namun, jika perbanyakan dilakukan dengan menggunakan eksplan biji, akan terjadi segredasi dalam hasil yang diperoleh.

Hal ini tentu sangat penting sebab dalam dunia tanaman, terutama untuk tanaman hias daun seperti philo eceng, keberagaman bentuk atau corak warna akan memiliki nilai lebih tinggi. Namun, pada dasarnya, kultur jaringan merupakan teknik perbanyakan tanaman dengan menggunakan bagian vegetatif tanaman pada media buatan dan dilaksanakan pada tempat higienis dan steril.

Terdapat enam tahapan utama dalam perbanyakan melalui teknik kultur jaringan yaitu, pembuatan formulasi media tumbuh, inisiasi (pengambilan eksplan), sterilisasi, multiplikasi (memperbanyak tanaman eksplan), pengakaran, dan aklimatisasi.

Setiap tahapan dilakukan berdaarkan prosedur tertentu. Jika berhasil, eksplan dapat dipindahkan ke bedeng secara bertahap dan dipelihara seperti perbanyakan umumnya. Tanaman baru yang rentan ini pun masih memerlukan waktu untuk beradaptasi terhadap lingkungan barunya.

loading...
Cara Menyemai Biji Philo Eceng | Penulis | 4.5