Cara Menyilang Bunga Philodendron Dengan Mudah

Cara menyilang bunga philodendron dengan Mudah- Cara serta tahap yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut ini.

  1. Pilih induk (betina dan jantan) yang sedang berbunga dari jenis sama (satu spesies/genus). Ambil serbuk sari dengan pinset atau kuas, lalu tampung di wadah bersih.
  2. Buka seludang bunga betina yang sudah masak ditandai dengan munculnya lendir di bagian putik yang letaknya di bagian bawah tongkol. Oleskan kuas berisi serbuk di bagian putik yang letaknya di bagian bawah tongkol. Oleskan kuas berisi serbuk sari ke putik secara merata. Pastikan putik telah di serbuki serbuk sari.
  3. Tutup kembali seludang bunga, lalu kerodongi dengan kantong plastik untuk menjaga kelembapan. Pasang label persilangan. Bila penyerbukan berhasil di tandai dengan munculnya dompolan buah di bagian bawah tongkol, maka kantong plastik dapat dibuka. Buah dipelihara hingga 4-6 bulan.
  4. Preteli buah yang masak dari tongkol, lalu kupas daging buah hingga tersisa biji berwarna cokelat muda. Biji diangin-anginkan di tempat teduh sebelum di semaikan atau dibungkus di kantong berbahan alumunium foil dan disimpan di kulkas. Buah siap disemaikan ke media yang sudah disiapkan.

lain/nurseri. Setelah itu, barulah menyeleksi setiap tanaman yang meliputi pertumbuhan, kesehatan, dan keindahan penampilan. Pada philo faktor utama yang harus diperhatikan antara lain warna, dan bentuk daun, kekekaran pertumbuhan, dan kesempurnaan bentuk tanaman (penampilan secara keseluruhan).Cara Menyilang Bunga  Philodendron Dengan Mudah

Artikel terkait

Seorang penyilang mesti dibekali pengetahuan tentang persilangan, terutama mengenai sistem reproduksi tanaman yang dihadapinya. Hal ini sangat bermanfaat untuk menentukan perlu tidaknya emaskulasi, saat emaskulasi, atau saat penyerbukan terbaik.

Baca Juga:

Emaskulasi adalah kastrasi perlakuan terhadap bunga sempurna dengan cara membuang benang sari sebelum serbuk sari terlepas dari kotaknya agar tidak terjadi penyerbukan sendiri.

Peralatan persilangan yang perlu disediakan antara lain pinset, kuas, cotton bud, gunting kecil, pisau/cutter, kertas untuk label, dan kantong pelastik. Data yang mesti dicantumkan pada label yaitu, induk (jantan dan betina), tanggal persilangan, waktu pemanenan buah, penyemaian biji, dan munculnya bunga pertama hasil silangan.

Tugas berikutnya barulah mengawinkan jantan dan betina. Teknik persilangan pada philo, emaskulasi-penyingkiran benang sari tidak di perlukan lagi. Serbuk sari diambil dari tanaman lain yang disimpan di wadah bersih. Penyerbukan sebaiknya pada sore hari ketika seludang terbuka.

Biasanya dibarengi dengan pengeluaran bau yang tajam. Serbuk sari yang berupa pasta lengket dapat dioles-oles dengan jari tangan atau kuas pada permukaan kepala putik (bagian bawah tongkol).

Setelah selesai, seludang bunga dikembalikan seperti semula, lalu kerudingi dengan kantong plastik dan dipasangi label. Serbuk sariu yang dihasilkan sehariu kemudian dapat digunakan untuk menyerbuki bunga betina tanaman lain.

Apabila penyerbukan berhasil dan tidak ada gangguan hama atau penyakit maka bakal buah terus berkembang menjadi buah. Dalam sekali persilangan dapat dihasilkan ratusan, bahkan ribuan biji yang dapat dipanen setelah 4 bulan kemudian, ada pula sampai 6 bulan, bahkan lebih.

loading...
Cara Menyilang Bunga Philodendron Dengan Mudah | Penulis | 4.5