Cara Merangkai Tanaman Kaktus Dalam Pot

Cara Merangkai tanaman kaktus dalam pot.Untuk menyusun tanaman kaktus dalam suatu rangkaian, diperlukan keserasian ukuran dan bentuk wadah (pot atau bejana kaca). Hal ini penting dalam pemilihan jenis kaktus yang akan dijadikan rangkaian. Wadah kecil sesuai untuk kaktus yang bersosok kecil pula. Sementara wadah besar memudahkan dalam menata berbagai jenis kaktus, baik yang berukuran besar-kecil, tinggi-rendah, maupun warna dengan berbagai.

Selain ukurannya, bentuk wadah juga berpengaruh terhadap desain yang akan dibuat. Bentuk wadah terdiri dari berbagai macam antara lain ceper, silinder, bulat, dan kotak. Wadah bentuk ceper cocok untuk kaktus ukuran mini. Sementara wadah untuk bentuk silinder dapat diisi dengan berbagai jenis kaktus, baik yang kecil, tinggi, besar atau kecil.

Dalam merancang suatu rangkaian kaktus, sebenarnya tidak ada aturan baku apakah wadahnya terlebih dahulu atau desain dahulu. Namun, biasanya orang memilih wadahnya dahulu karena pertimbangan lokasi untuk memajangnya. Setelah itu, barulah ditentukan desainnya.

Baca Juga:

Hal yang tidak kalah penting dalam suatu rangkaian adalah penentuan jenis kaktus atau sukulen yang menjadi pusat dan latar belakang (background). Dalam merangkai kaktus, diperlukan rancangan desain dengan konsep yang jelas. Konsep jumlah tanaman bisa dipilih ganjil atau genap. Desain bentuk dapat dipilih bentuk segitiga atau lingkaran.

Seni dan kreativitas juga diperlukan dalam menata rangkaian kaktus. Masing-masing orang memiliki kreativitas dan daya seni yang berbeda-beda. Misalnya, orang yang menyukai pot bentuk ceper dan ada yang memilih bentuk silindris.merangkai kaktus dalam pot

Artikel terkait

Ada orang yang menyenangi kaktus berukuran besar, ada pula yang memilih kaktus yang mungil. Beberapa orang suka memberikan elemen lain sebagai pemanis rangkaian, seperti batu suseki atau kerikil warna-warni. Itu semua tergantung seni dan seleranya.

Meski demikian, daya seni dan kreativitas dalam menata kaktus sebenarnya harus mengacu pada keserasian dan keindahannya. Bagi para pemula, hal ini tentu saja bisa dipelajari seiring dengan pengalaman dalam menata kaktus

Kegagalan sering dialami saat membuat rangkaian kaktus. Salah satu sebabnya adalah jarak antar tanaman terlalu dekat. Keadaan ini menyebabkan lingkungan kaktus menjadi lembap. Untuk itulah diperlukan pengetahuan tentang syarat tumbuh masing-masing jenis kaktus yang akan dirangkai.

Lokasi peletakan rangkaian kaktus pun harus diperhatikan agar terlihat serasi. Hal itu bisa dicapai jika semua aspek dan elemen saling mendukung, mulai dari pemilihan pot, media tanam, dan jenis kaktus.

Untuk rangkaian yang terdiri dari banyak jenis kaktus. Sebaiknya digunakan pot pendek dan lebar. Selain dapatĀ  memuat sejumlah kaktus, pot yang lebar juga memudahkan dalam penataannya. Dengan bentuk seperti itu, penampilannya pun artistik dan serasi jika dipajang di atas meja. Pot keramik atau merupakan pilihan yang tepat karena keindahannya sangat mendukung penampilan rangkaian.

Lain halnya dengan rangkaian sederhana yang terdiri dari 3-7 jenis kaktus. Pot yang digunakan pun bisa yang kecil atau tinggi. Penataannya pun tidak sejlimet jika dibandingkan dengan rangkaian pada pot besar.

Tanaman yang dipilih dalam satu rangkaian harus memiliki kesesuaian tumbuhnya. Syarat ini tidak menjadi masalah untuk kaktus dan sukulen karena karakteristik hidupnya yang hampir sama.

Pertimbangan lain yang harus diperhatikan adalah aspek estetika dari kaktus atau sukulen yang akan dirangkai. Tinggi rendah tanaman, komposisi warna, atau bentuk menajadi faktor penting agar tatanan tampak serasi. Selain itu, dapat ditambahkan elemen pelengkap sebagai ”pemanis” rangkaian, seperti batu kerikil warna-warni atau batu suseki. Oleh karena ukuran pot terbatas.

loading...
Cara Merangkai Tanaman Kaktus Dalam Pot | Penulis | 4.5