Cara Merangsang Bunga Anggrek Agar Berbunga

Cara merangsang bunga anggrek agar berbunga.Tidak sulit merangsang anggrek supaya berbunga pada waktu-waktu tertentu, asalkan kondisi tanaman sudah dewasa. Melalui pengaturan cahaya, penyiraman, pemupukan, dan suhu dalam waktu tertentu, tanaman dapat menghasilkan bunga.

Dendrobium yang dapat dipacu pembuangannya adalah tanaman yang sudah memiliki daun akhir. Tanaman ini tidak mengeluarkan tunas lagi. Tanaman tersebut memerlukan waktu minimal 1 bulan untuk menghasilkan bunga. Jika tanaman masih mengeluarkan tunas, perlu waktu sekitar 2,5 bulan.

Phalaenopsis dianggap dewasa dan mampu mnghasilkan bunga jika tanaman sudah berdaun empat helai. Proses memacu pembungaan Phalaenopsis membutuhkan waktu 3 bulan. Begitu pula proses memacu pembungaan untuk Cattleya.

Baca Juga:

Cahaya dan kelembapan

Teknik untuk merangsang pembungaan anggre adalah dengan mengatur intensitas cahaya matahari. Dendrobium membutuhkan intensitas 4.000-5.000 fc (food candle = satuan intensitas cahaya), Phalaenopsis 2.000 fc, dan Cattleya 3.000-4.000 fc. Sebagai patokan, intensitas cahaya matahari pada saat siang hari yang cerah sama denganĀ  10.000 fc.cara merangsang bunga anggrek agar berbunga

Kelembapan sangat berpengaruh terhadap proses pembungaan anggrek. Kelembapan untuk Phalaenopsis tidak boleh kurang dari 60% dengan suhu idela 28-32 derjat Celcius. Untuk Dendrobium dan Cattleya, kelembapan yang dibutuhkan tidak kurang dari 50% dengan kisaran suhu 28-32 derjat Celcius.

Artikel terkait

Tiga bulan sebelum target waktu yang ditetapkan untuk berbunga, setiap hari anggrek dijemur dari pukul 07.00-10.00. Selesai penjemuran, anggrek diletakkan lagi di bawah jaringan peneduh dengan intensitas 35% sinar matahari yang masuk.

Berbeda dengan Dendrobium dan Phalaenopsis yang perlu penambahan intensitas cahaya matahari, Cattleya justru membutuhkan suasana malam yang lebih lama. Setiap pukul 16.00 sampai 06.00 pagi, Cattleya harus dikerudungi kain hitam. Idealnya pencahayaan samapai 3.000-4.000 fc. Perlakuan tersebut dilakukan setiap hari agar sebulan kemudian kuncup bunga muncul.

Di dalam gelap timbul florigen (hormon pembungaan). Semakin lama suasana suasana malam, semakin tinggi kadar florigen sehingga semakin besar peluangĀ  anggrek berbunga. Pada siang hari florigen hancur oleh sinar matahari.

pupuk dan pengairan

Pengaturan cahaya matahari harus diiringi dengan pemberian pupuk. Jika tidak, anggrek tetap tidak akan berbunga. Penjemuran anggrek akan meningkatkan fotosintesis sehingga semakin banyak karbohidrat yang diproduksi daun.

Malam hari semakin banyak karbohidrat yang diproduksi daun. Malam hari karbohidrat tersebut dikirim ke akar, diubah menjadi energi untuk menyedot unsur hara yang ada dalam media tanam. Jika energi tersedia, tetapi unsur hara kurang, anggrek tidak akan berbunga.

Cahaya yang kurang, membuat karbohidrat yang terbentuk sedikit sehingga energi untuk menarik unsur hara pun juga kurang. Energi yang lemah hanya bisa menarik nitrogen, akibatnya tanaman akan tetap vegetatif dan tidak akan menghasilkan bunga.

Pupuk mejemuk seperti Gandasil B (6:20:30), Gaviota 67 (10:40:15) dapat untuk membantu tanaman anggrek agar cepat berbunga. Dosis pemupukannya 1-2 gram/liter air denga frekuensi pemupukan sebanyak 2 kali sehari.

loading...
Cara Merangsang Bunga Anggrek Agar Berbunga | Penulis | 4.5