Cara Merawat Bunga Anggrek Dewasa

Cara merawat bunga anggrek dewasa.Anggrek dewasa adalah teman yang sudah menghasilkan bunga atau minimal sudah siap berbunga untuk pertama kali. Pada umur tersebut, anggrek membutuhkan perawatan yang benar dan intensif agar rajim berbunga. Berikut ini cara merawat anggrek dewasa dengan baik dan benar.

Memindahkan tanamkan Anggrek Dewasa

Anggrek pot yang penuh karena anaknya sudah banyak perlu dibongkar dan dipecah menjadi beberapa bagian kemudian ditanam dalam pot baru. Dengan demikian, tanaman akan berkembang lebih banyak lagi, tumbuh sehat, dan rajin menghasilkan bunga.

Baca Juga:

Anggrek pot Dendrobium misalnya, yang telah penuh dengan bulb tunas, harus segera dibongkar dan dipecah menjadi tiga bagian. Masing-masing bagian ditanam kembali ke dalam pot dengan media tanam baru. Berikut ini cara memindahtanamkan angrek ke pot yang baru.

Dikeluarkan dari pot

Tanaman dipegang kuat-kuat, kemudian ditarik ke luar dari pot dengan hati-hati. Beberapa akar menjadi rusak dan putus, terutama ujung akar yang memasuki pori-pori pot dan yang mencengkram dinding pot bagian dalam. Namun, hal itu tida terlalu berdampak buruk pada tanaman.cara merawat bunga anggrek dewasa

Dipecahkan menjadi tiga bagian

Satu kumpulanĀ  anggrek pot dipecah menjadi tiga bagian. Akar yang kering, busuk, dan rusak berat dipangkas dengan gunting. Sisa media atau pecahan pot yang melekat pada akar juga di buang.

Artikel terkait

Untuk anggrek jenis monopodial seperti Aranda, Arachnis, dan Vanda, pemindahannya tidak dengan cara memecahkan anakan, melainkan dengan setek dengan setek beserta akar. Pemindahan baru dilakukan jika pertumbuhan tanaman anggrek sudah terlalu tinggi.

Segera ditanam

Tanaman anggrek hasil bongkaran, segera ditanam dalam pot. Sebelum ditanam, seluruh bagian tanaman dicelup dalam larutan fungisida sistem. Fungisida tersebut berfungsi melindungi tanaman dari bibit penyakit. Zat aktif fungisida ini akan stabil berada di dalam jaringan tanaman selama 1-2 minggu.

Jika pot belum tersedia, tanaman dapat disimpan di tempat teduh dan lembap agar kesegarannya dapat bertahan lama. Penempatan tanaman jangan sampai ditumpuk. Hal ini untuk menghindari terjadinya fermentasi yang dapat mematikan tanaman.

Pot dan media tanam dicelupkan ke dalam air

Pot dan media tanam yang akan digunakan sebaiknya dicelupkan terlebih dahulu ke dalam air agar menjadi jenuh air. Dalam keadaan jenuh air tersebut, bibit anggrek yang baru ditanam akan tetap tejaga kesegarannya. Sebaliknya, jika pot tanaman kering maka anggrek menjadi layu setelah ditanam.

Penanaman dalam pot

Penanaman anggrek simpodial agak berbeda dengan anggrek monopodial. Penanaman anggrek simpodial seperti Dendrobium, Cattleya, dan Oncidium hendaknya dilakukan secara asentris (tidak tepat ditengah pot). BibitĀ  tanaman diletakkan agak menepi dekat bibir pot. Posisi tanaman diusahakan menghadap sinar matahari agar tanaman dapat menghasilkan beberapa tunas sebelum menyentuh bibir pot terjauh.

Anggrek jenis monopodial seperti Aranda, Arachnis, dan Vanda, dapat ditanam di tengah pot karena anggrek ini tidak menghasilkan tunas dari pangkal batang. Pertumbuhan batang anggrek monopodial pada umumnya tegak lurus ke atas.

loading...
Cara Merawat Bunga Anggrek Dewasa | Penulis | 4.5