Cara Mudah Membentuk Tajuk Bunga Euphorbia

Euphorbia perlu dipangkas selama masa penyuburan. Secara alami sifat pertumbuhannya tidak teratur dan tidak kompak. Pemangkasan berguna untuk membentuk tajuk tanaman sehingga tampil seimbang dan cantik.

Cabang-cabang yang tidak beratur dipotong dengan pisau tajam dan steril. Sebagai patokan sederhana, bayangkan sosok tanaman seolah membentuk segi tiga.images

Biarkan cabang-cabang yang tepat berada di sisi kiri, kanan, depan, dan belakang. Sementara cabang lainnya dibuang dengan cara memotongnya.

Baca Juga:
Artikel terkait

Cabang-cabang yang dibiarkan tumbuh baru berukuran sama agar terkesan seimbang. Bila tidak maka cabang terebut daru dibuang. Pemangkasan berikutnya dapat dilakukan setelah muncul anakan yang baru.

Waktu yang cocok untuk pemangkasan adalah saat tanaman telah mengalami periode penyuburan dan pembungaan pertama kali. Tepatnya di akhir masa pembungaan pertama.

Bunga tua perlu dibuang. Bunga tua dicirikan dari warnanya yang mulai pudar, keras, dan terlihat mengering. Setelah pemangkasan, tanaman memasuki masa penyuburan kedua.

Untuk itu, letakkan euphorbia kembali di bawah naungan pohon atau shading net yang teduh. Tambahkan pula pupuk slow release seperti Dekastar atau Megakamp sebanyak 1/2 sendok makan ke dalam media tanam.

loading...
Cara Mudah Membentuk Tajuk Bunga Euphorbia | Penulis | 4.5