Cara Mudah Memisahkan Rumpun Anggrek

Cara mudah memisahkan rumpun anggrek.Pemecahan atau pemisahan rumpun dilakukan pada anggrek simpodial. Contohnya Cattleya, Cymbidium, Dendrobium, dan Oncidium. Perbanyakan anggrej simpodial dilakukan melalui pemisahan atau pemecahan rumpun.

Hal ini dilakukan bila pot telah penuh sesak dan padat oleh tunas anakan atau pseudobulb. Umbi semu itu kemudian dipisahkan dari tanaman induknya dan masing-masing kelompok terdiri dari 3 pseudobulb.

Bagian dasar pseudobulb atau rhizoma harus tetap saling berhubungan antara pseudobulb yang satu dengan lainnya. Semua akar yang tidak aktif atau akar tua di buang sehingga pseudobulb tampak seperti tidak berakar.

Baca Juga:

Tanam pseudobulb tersebut dalam pot berdiameter 15-50 cm, tergantung ukuran rumpun. Contohnya, pot berdiameter 15-20 cm cukup untuk anggrek Oncidium; pot berdiameter 18-22 cm untuk anggrek Cattleya dan Dendrobium; pot berdiameter kurang lebih 30 cm sesuai untuk Cymbidium; serta pot berdiameter kurang lebih 50 cm untuk anggrek Grammatophyllum.Cara Mudah Memisahkan Rumpun Anggrek

Artikel terkait

Cara penanamannya, dasar pot diisi dengan pecahan batu-bata atau genting setinggi seperti bagian. Di atasnya diisi lagi dengan media tumbuh setinggi sepertiga bagian. Selanjutnya pseudobulb tersebut ditanam dengan mengatur posisi .

Pseudobulb paling tua diletakkan di dekat atau menempel pada bibir pot bagian pinggir atas. Dengan cara ini pertumbuhan tunas anakan dapat mengisi seluruh permukaan bagian pot. Apabila pseudobulb yang tua diletakkan di bagian tengah pot maka pertumbuhannya akan tidak seimbang.

Sebelum pseudobulb ditanam, pangkal terutama luka bekas potong dicelup sekilas dalam larutan fungisida atau bakterisida. Apabila kesulitan mengeluarkan pseudobulb karena sangat keras serta melekat erat di pot dan media maka pot sebaiknya dipecahkan.

Hati-hati untuk menghindari kerusakan atau putusnya pseudobulb. penyiraman dilakukan kurang lebih 3-4 hari setelah penanaman. Adapun pemupukan dilakukan kurang lebih seminggu setelah penanaman.

loading...
Cara Mudah Memisahkan Rumpun Anggrek | Penulis | 4.5