Cara Mudah Menanam Anggur Dalam Sebuah Pot

Kini masyarakat kota-kota besar senang bertanam anggur dalam ot di pekarangan atau halaman rumah. Mereka biasa mengaitkananggur dengan memasang pergola. Tabulampot ini bisa digunakan sebagai tanaman hias, penghasil buah berfitamin bagi keluarga, atau sekedar penyalur hobi.

Anggur termasuk dalam famili Vitaceace yang mempunyai dua subfamili, yaitu Muscadina dan Euvitis. Anggur tumbuh tahunan (perennial), berbentuk perdu dan menjalar. Tanaman ini bisa berbuah berkali-kali. Struktur tanaman terdiri atas akar, batang, daun, sulur, bunga, dan buah.images (4)

Sulur berfungsi sebagai alat pemanjat, letaknya berhadap-hadapan atau berseling dengan daun dan bersifat terputus. Ada 3 kelompok anggur yang biasa di budidayakan secara komersial.

  1. Vitis vinivera. Buahnya kecil, umumnya dikonsumsi sebagai anggur segar. Cocok ditanam di dataran rendah sampai ketinggian 300 meter dpl (diatas permukaan laut). Contohmya, Anggur Probolinggo biru, Anggur Situbondo kuning
  2. Vitis labrusca. Buahnya besar, biasanya diolah menjadi minuman anggur, Beradaptasi baik di dataran rendah sampai dataran tinggi. Contohnya, Anggur isabella, dan white malaga
  3. Vitis rontundifolia. Buahnya lebih kecil dari vitis vinifera, dapat dikonsumsi langsung sebagai buah segar atau diolah menjadi minuman Dapat beradaptasi baik di daerah beriklim kering. Contohnya, muscadine. Seiring dengan perkembangan teknologi pertanian, varietas anggur yang unggul selalu diupayakan. Varietas yang kini sedang ngetren adalah anggur kediri bersemi yang rasanya manis dan segar, tak kalah dengan anggur impor. Bemtuk buahnya lonjong, ketika muda kulitnya berwarna hijau muda dan setelah tua menjadi kuning mengkilap.
  4. Warna daging buahnya putih transparan. Jumlah buah per tandan sekitar 60-160 butir, dengan bobot buah per tandan antara 210-600 gram. Produktifitasnya sekitar 7,5 – 10 kg/tanaman umur 2 tahun.

Persiapan dan Penanaman

Pot

Pot untuk tabulampot anggur bisa terbuat dari berbagai macam bahan. Bisa dari tanah liat, semen, keramik, pelastik, atau drum bekas. Ukuran pot yang ideal berdiameter 60 cm atau lebih dengan kedalaman minimum 75 cm.

Media Tanam

Media tanam yang umum digunakan adalah campuran tanah subur, pasir dan pupuk kandang matang (3:1:2). Pupuk kandang bisa diganti dengan kompos atau bokashi. Penggunaan bokashi lebih baik karena pupuk organik ini mengandung sejumlah bakteri yang mampu menguraikan senyawa organik dalam media tanaman.

Bibit

Bibit anggur dapat dibeli di penangkaran benih. Biasanya berupa stek dalam polybag. Ciri bibit anggur yang baik berasal dari varietas unggul, minimum sudah berumur 6 bulan, tumbuh sehat dan normal, dan sekurang-kurang nya mempunyai dua helai daun dewasa.

Ajir dan Pergola

Pada saat baru ditanam, bibit anggur membutuhkan ajir untuk menyangga batangnya. Ajir bisa dibuat dari bilah bambu atau kayu dengan panjang 2-3,5 meter. Untuk selanjutnya, tanaman bisa dirambatkan ke pergola. Harapannya, ketika sudah mulai rimbun tajuk tanaman terlihat lebih rapi dan indah.        Bahan pergola bisa berupa kayu, bambu, atau besi. Diatas pergola juga dilengkapi dengan para-para dari anyaman bambu, kayu atau kawat dengan mata anyaman 40 cm.

Tinggi tiang pergola sebaiknya 2-3,5 meter dan lebar para-para 3 x 3 meter atau disesuaikan dengan kondisi lahan. Pergola ini sebaiknya dipasang di tempat yang mendapat sinar matahari.

loading...
Cara Mudah Menanam Anggur Dalam Sebuah Pot | Penulis | 4.5