Cara Mudah Merangkai Tanaman Parsel

Dua langkah penting dalam cara mudah merangkai tanaman parsel yaitu cara merangkainya yang berisi panduan merawat atau memanfaatkan tanaman parsel. Kartu ini perlu disertakan dalam parsel tersebut agar orang yang menerima tanaman hias parsel tersebut agar orang yang menerima parsel dapat memanfaatkan tanaman secara optimal.

Cara Merangkai

Ukuran, bentuk, warna, tanaman sangat beragam sehingga tanaman satu dengan tanaman lainnya pun membutuhkan keterampilan merangkai yang berebda. Namun, secara teknis, cara merangkai meliputi rangkaian tunggal dan rangkaian gabungan.

Baca Juga:

Rangkaian tunggal

Rangkaian ini mimages (21)erupakan rangkaian pot tunggal dengan tanaman yang sudah cukup bagus, baik karena bunga, daun, atau bentuk tajuknya. Nilai hias atau keindahan dari bunga, seperti jenis anggrek cattleya, vanda, atau phalaenopsis sudah merupakan focal point yang kuat.

Demikian pula dengan jenis krisan, azalea, adenium, dan gloxinia. Selain itu, ukuran tanaman pun mempengaruhi penentuan rangkaian tunggal, misalnya tanaman buah yang mempunyai sosok yang cukup besar tidak mungkin digabungkan dengan tanaman lainnya.

Tahap merangkai sebagai berikut

  1. Pilih tanaman yang bunga, daun atau tajuknya menarik,. Kondisi tanaman pun harus sehat. Bila ada daun yang kering, sebaiknya dibuang. Daun yang kotor dibersihkan.
  2. Pilih wadah yang sesuai. Dapat digunakan pot biasa dari plastik atau gabah. Kemudian tanaman dimasukkan ke dalampot dan diatur hingga rapi. Untuk mempercantik penampilan, pot dapat dimasukkan ke wadah yang estetis.
  3. Beri aksesori yang sesuai dengan tema, misalnya pita ketupat untuk parsel Idul Ditri atau Lonceng untuk parsel Natal.
  4. Jangan lupa, sertakan kartu tips dan atau kartu ucapan.

Rangkaian gabungan

Rangkaian gabungan dipilih karena sosok tanaman yang lebih menarik dirangkai lebih dari 1 tanaman, ukuran tanaman yang kecil, atau akan dibuat rangkaian terarium. Tahap merangkai tidak berbeda jauh dengan membuat rangkaian tunggal. Hanya disini dibutuhkan keterampilan dalam merangkai beberapa tanaman.

  1. Pilih tanaman yang sejenis atau beberapa jenis dengan warna atau karakter tanaman serasi
  2. Pilih keranjang atau wadah lain yang sesuai, baik ukuran maupun bentuknya, untuk menempatkan tanaman. Beri aksesori yang sesuai dengan tema. Yang terakhir jangan lupa menyertakan kartu tips dan atau kartu ucapan.

Merangkai tanaman dalam terarium atau dalam wadah kaca berbeda dengan merangkai parsel tanpa wadah kaca. Tanaman yang digunakan sebaiknya tanaman hias daun yang tahan hidup pada kondisi cahaya ruang dan berukuran kecil serta pertumbuhannya lambat.

Dalam pembuatan terarium selain tema, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain gradasi atau variasi, kontras dan keseimbanga. Gradasi atau variasi bertujuan untuk mencegah kemonotonan suatu penataan tanaman. penataan prinsip ini dapat dilakukan dengan menggunakan tanamanĀ  yang bervariasi ketinggiannya.

Dalam membuat terarium sebaiknya digunakan elemen yang kontras sehingga bisa menjadi pemanis sekaligus pusat perhatian. Contoh penerapan prinsip ini adalah penggunaan tanaman yang memiliki bentuk, tekstur, warna yang berbeda.

Artikel terkait

Penggunaan aksesori juga dapat dimnanfaatkan sebagai kontras dalam sebuah terarium. Keseimbangan masing-masing prinsip tampak indah dan harmonis. Untuk mencapai komposisi yang harmonis membutuhkan latihan dan pengalaman yang cukup.

  1. Siapkan semua alat, wadah, media tanam, dan tanaman yang akan digunakan. Untuk mencegah layu sebaiknya akar tanaman disiram terlebih dahulu.
  2. Masukkan kerikil, batu kecil, dan zeolit kasar. Kemudian masukkan sphagnum moss tepat atas batu krikil, selanjutnya masukkan arang setebal 1 cm. Masukkan media tanam seperti, kompos yang dicampur pasir (perbandingan 1:1) dengan ketebalan 70-80% dari total volume media. Tambahan zeloit halus atau pasir diatas media kompos secukupnya. Buat kontur permukaan mdia dan lubang tanaman.
  3. Masukkan tanaman satu per satu. Agar tanaman bisa berdiri tegak, padatkan media disekitarnya.
  4. Masukkan batu-batu kecil atau pasir halus dan aksesori lain, seperti patung kedcil, kemudian siram dengan air tanaman dan media tanam dengan sprayer agar keduanya menyatu.
  5. Bersihkan dan keringkan wadah terarium dengan lap atau kertas tisu.
  6. Kemudian beri aksesori seperti pita, kartu tips pemeliharaan terarium dan kartu ucapan. Pilihan warna pada aksesori disesuaikan dengan isi terarium. Perhatikan kembali penataan seluruh elemen parsel, perbaiki hal-hal yang mengganggu keindahan terarium.

CARA MEMBUAT KARTU TIPS

Tips mengenai merawat tanaman hias atau tanaman buah diperlukan oleh orang yang menerima parsel. Dengan adanya tips ini, diharapkan orang yang diberikan dapat dipelihara lebih lanjut. Selain itu, parsel tanaman obat perlu dilengkapi dengan kartu yang berisi cara pemakaian tanaman tersebut. Kartu ini sangat penting agar tanaman obat dapat dimanfaatkan oleh orang sakit yang menerima parsel.

Tips dapat ditulis pada kartu yang banyak dijual ditoko buku atau dibuat sendiri. Kartu-kartu tersebut umumnya dibuat menggunakan kertas yang bagus dan bergambar. Dibagian dalam biasanya ada bagian yang kosong.

Bagian tersebut dapat ditulis tips merawat tanaman atau tips penggunaan tanaman obat. Selain itu, tips dapat dicantumkan pada kartu yang dibuat sendiri.Kartu tips ini dapat diletakkan di antara tanaman atau diberi pita dan diikat pada wadah tanaman.

MENGIRIM PARSEL

Pembuatan parsel tanaman sebaiknya dilakukan pada hari yang sama dengan hari pengiriman atau bila banyak pesanan, waktu merangkai dapat dilakukan sore atau malam hari. Dengan demikian, waktu antara merangkai dengan pengiriman tidak terlalu lama. Hal yang dikhawatirkan yaitu tanaman akan layu. Untuk mengatasi kelayuan, tanaman sebelum dirangkai sebaiknya dalam kondisi cukup air.

Mengingat tanaman mudah goyang bila terkena air angin maka sebaiknya parsel tanaman diantar dengan menggunakan mobil bila jaraknya cukup jauh. Pada waktu mengangkat atau memindahkannya pun harus hati-hati agar tanaman dan elemen-elemen lain tidak rusak atau berubah komposisinya sehingga merusak keindahannya.

Pengangkutan yang hati-hati sangat penting, terutama pada parsel terarium. Di dalam terarium biasanya terdapat elemen renik seperti pasir, batu batu kecil, boneka atau kolam-kolaman sehingga sebaiknya terarium dimasukkan ke dalam boks, kardus, atau kotak karton yang kuat untuk melindungi wadah gelas agar tidak pecah.

Ruang-ruang kosong di dalam boks perlu diganjal dengan potongan kertas, spon, atau styrofoam agar terarium tidak goyang. Selanjutnya dalam pengiriman perlu penanganan hati-hati dengan mencegah goyangan sedikit mungkin.

loading...
Cara Mudah Merangkai Tanaman Parsel | Penulis | 4.5