Cara pembibitan Bunga Anggrek Cattleye

Cara pembibitan bunga anggrek Cattleye.Tanaman Anggrek cattleya terkenal sebagai ‘ratu anggrek’ karena memilik penampilan, bentuk, ukuran, dan warna bunga anggrek yang teramat cantik. anggrek Cattleya merupakan tanaman epifit dan memiliki organ yang berfungi sebagai penyimpan air (pseudobulb).

Bunga Cattleya berpenampilan eksotik dan memiliki warna yang beragam, mulai dari ungu, merah tua, putih, kuning, dan bahkan biru. Saat mekar, bunga berykyran cukup besar dan biasanya mengeluarkan bau yang harum.

Cattleya dapat diperbanyak dengan menggunakan biji, pemisahan rumpun, atau teknik kultur jaringan. Untuk pemula, perbanyakan dengan biji dirasa cukup sulit karena sangat menuntut pengalaman dan waktu, sedangkan pemisahan rumpun relatif mudah dilakukancara pembibitan bunga anggrek cattleye

Baca Juga:
Artikel terkait

Perbanyakan dengan pemisahan rumpun

  1. Pilih anggrek yang memiliki cabang 5-6 buah.
  2. Semprot perakaran dengan air secukupnya untuk meminimalisir kerusakan akar pada saat pemisahan.
  3. Pisahkan tanaman anggrek. Masing-masing bagian memiliki minimal 3 batang dengan 1 tunas baru.
  4. Potongan akar yang rusak dengan pisau atau gunting.
  5. Tanaman masing-masing bagian ke dalam pot yang sudah berisi meida.
  6. Gunakan alat bantu, sepertu penyangga untuk membantu tanaman berdiri tegak sebelum akar tanaman dapat menompang tanaman untuk berdiri tegak.

Tips perbanyakan dengan pemisahan rumpun

  • Potong akar yang rusak dengan pisau/gunting yang tajam. Hal ini untuk menginduksi akar-akar baru agar tumbuh lebih cepat.
loading...
Cara pembibitan Bunga Anggrek Cattleye | Penulis | 4.5