Cara Pembibitan Bunga Euphorbia Dengan Sambung Batang (Grafting)

Sambung batang dilakukan dengan menggabungkan batang bawah dan batas atas dari tanaman yang berbeda. Teknik ini disebut juga sambung pucuk (top grafting) karena bagian atas atau pucuk tanaman yang disambungkan.

Kelebihan cara ini adalah tanaman yang dihasilkan lebih unggul dari induknya karena batang atas dan batang bawah merupakan batang pilihan.

Umumnya tanman yang dipilih sebagai batang bawah adalah jenis lokal yang adaptif dengan lingkungan. Sementara tanaman yang digunakan sebagai batang atas adalah tanaman dari jenis yang berpenampilan menarik, misalnya berbunga bagus dan berwarna indah. Langkah-langkah teknik sambung adalah sebagai berikut.cara sambung batang bunga

Baca Juga:

Pilih batang bawah sepanjang 5-7 cm berdiameter lebih besar dibandingkan dengan batas atas.

Buat sayatan berbentuk V sedalam 2 cm pada batang bawah dengan menggunakan pisau steril dan tajam. Lakukan hal yang sama untuk batang atas, yaitu buat sayatan berbentuk V, tetapi terbaik.

Masukkan batang atas ke celah batang bawah. Usahakan agar penggabungan tersebut pas, rapat, dan melekat.

Ikat dengan selotip, plastik, atau tali rafia agar tidak terkena air. Untuk mengurangi penguapan dan mempercepat munculnya tunas, sisakan 2-4 helai daun pada batang atas. Sisakan separuh bagian helai daun.

Bungkus batang atas dengan kantong plastik dan letakkan di tempat teduh. Keberhasilan penyambungan ditandai dengan melekat dan membengkaknya bekas sambungan setelah 5-10 hari kemudian. Plastik pembungkus dapat dibuka pelan-pelan (jangan langsung dibuka) agar tanaman dapat beradaptasi dengan lingkungan.

Setelah itu, letakkan tanaman di tempat teduh dan bersirkulasi udara baik. Siram media dengan air sedikit demi sedikit, Usahakan agar air tidak menciprati bagian sambungannya. Solatip dapat dibuka setelah tunas baru tumbuh dan berumur satu bulan.

loading...
Cara Pembibitan Bunga Euphorbia Dengan Sambung Batang (Grafting) | Penulis | 4.5