Cara Pembibitan Bunga Euphorbia Dengan Setek

Setek merupakan cara paling populer yang dipakai untuk memperbanyak euphorbia. Selain mudah dan cepat, keturunan hasil setek memiliki keunggulan yang sama dengan induknya. Agar keturunan yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Bahan setek diambil dari induk yang sehat, besar, berdiameter 2 cm, dan berwarna hijau kecoklatan atau cokelat. Batang yang terlalu kecil dan muda berisiko tinggi mengalami kegagalan.

Setek dilakukan dengan cara memotong batang sepanjang 15 cm dari cabang yang mengganggu serta disisakan 3-4 helai daun. Pemotongan menggunakan pisau atau cutter yang tajam dan steril.images (2)

Baca Juga:
Artikel terkait

Zat perangsang akar atau pupuk pelengkap benih bertujuan untuk menghentikan keluarnya getah yang berlebihan. Bila getah berlebihan, tanaman akan rentan mengalami kebusukan.

Setek yang telah diolesi zat perangsang akan diangin-anginkan  di tempat teduh selama 1-2 jam agar luka bekas potongan mengering. Bibit tersebut tidak boleh terkena sinar matahari atau air hujan. Selanjutnya, batang ditanam pada media tanam dalam pot sedalam 3-4 cm.

Media tanam yang digunakan adalah campuran serbuk kelapa, sekam bakar, dan pasir kasar/malang dengan perbandingan 40 : 40 : 20.

Setelah itu, setek disiram dengan air secukupnya dan merata, lalu diletakkan di tempat teduh dengan intensitas cahaya matahari rendah (sekitar 60-70 %). Setelah 5-6 hari, tunas daun dan akar mulai tumbuh. Bila telah dianggap kuat, tanaman dapat dipindahkan ke lokasi yang lebih panas.

loading...
Cara Pembibitan Bunga Euphorbia Dengan Setek | Penulis | 4.5