Cara Pembibitan Bunga Euphorbia Dengan Silang

Teknik penyilangan dilakukan dengan mengambil benang sari (bunga jantan), lalu diserbukkan ke putik (bunga betina). Tujuan teknik pembibitan ini adalah menghasilkan keturunan yang berbeda dan lebih unggul dari induknya. Hobiis dapat melakukan teknik ini sendiri.

Agar diperoleh keturunan yang bagus, tanaman yang dipilih hendaknya sehat dan kuat. Selain itu, alat yang digunakan untuk penyilangan (kuas kecil atau cotton bud) harus steril. Tanaman yang akan disilangkan harus berbeda bentuk, warna, bentuk, dan ukuran.Teknik pembibitan bungan dengan silang

Untuk bunga betina, pilih tanaman yang berbunga keputihan karena tanaman tersebut lebih mudah menghasilkan buah. Penyilangan dilakukan 3-4 hari setelah munculnya bunga. Penyilangan dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Basahi kuas atau cotton bud dengan air agar serbuk sari dapat menempel dan oleskan kuas atau cotton bud secara perlahan ke benang sari untuk mengambil sebuk sarinya.
  2. Oleskan serbuk sari ke kepala putik bunga yang lain dengan hati-hati.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Pilih tanaman yang akan disilangkan dan pisahkan kedua tanaman dari tanaman lain agar tidak terjadi penyilangan liar oleh serangga.
  2. Tempelkan benang sari ke kepala putik yang telah matang. Lakukan berulang-ulang agar benang sari menempel di kepala putik.

Waktu yang tepat untuk melakukan penyerbukan adalah pukul 09:00. Saat itu, matahari belum panas dan proses fotosintesis mulai berjalan. Setelah empat hari sejak penyerbukan dilakukan, bunga akan layu dan rontok. Munculnya benjolan hijau (bakal buah) menandakan persilangan berhasil dilakukan.

Bakal buah akan membesar dan masak. Selanjutnya tahap penyemaian dan penanaman sama dengan perbanyakan dengan biji. Tanaman akan berbunga setelah berumur 6-8 bulan.

loading...
Cara Pembibitan Bunga Euphorbia Dengan Silang | Penulis | 4.5