Cara Pembibitan Tanaman Hias Philodendron

Cara pembibitan tanaman hias philodendron-Seperti halnya tanaman lain, philodendron dapat di perbanyak dengan cara generatif. Perbanyakan secara generatif melalui biji yang didahului dengan penyerbukan bunga. Sementara perbanyakan secara vegetatif dengan memakai batang (setek batang dan pucuk) dam rizoma (pemisahan anakan/rumpun).

biji

Biji dapat diperoleh bila bunga telah mengalami penyerbukan. Untuk menyerbuk bunga betina (putik), dapat diambil dari bunga jantan (benang sari) tanaman lain. Hal ini karena bunga philo bersifat dichogamous-bunga betina masak terlebih dulu, 1-3 hari setelah itu baru bunga jantang.

Baca Juga:

Jadi, kemungkinan kecil terjadinya penyerbukan dalam satu rumah. Di alam penyerbukan di bantu oleh kumbang (persilangan alami). Saat ini persilangan dapat dibantu manusia (hibridasi) untuk menghasilkan jenis-jenis yang baru.

silangan alami

Di alam penyerbukan dibantu kumbang. Bila terjadi penyerbukan muncul calon buah. Buah berwarna kuning, oranye, dan hijau ketika masak sekitar 4-6 bulan setelah penyerbukan. Buah sebesar biji kacang tanah yang telah masak dipetik, lalu disimpan ditempat teduh hingga kering.Cara Pembibitan Tanaman Hias Philodendron

Di dalam buah terdapat biji sebesar biji selasih yang jumlahnya bervariasi. Dalam sebuah tongkol dapat menghasilkan ratusan biji.

Menyemai biji philo bisa memakai media apa pun yang tersedia asalkan agak lembap dan steril. Campuran sekam bakar dan pasir, humus dan pasir, atau sekam bakar dan humus/cacahan pakis dengan perbandingan 1:1. Setelah biji disemai, tanaman diletakkan di tempat teduh. Penyiraman dilakukan bila media kering.

Artikel terkait

Menyemai Biji

  1. Persemaian memakai wadah, seperti tray khusus, nampan, atau pot. Isi wadah dengan media hingga 3/4 bagian wadah, lalu ratakan.
  2. Taburkan biji yang sudah diolesi fungisida ke media. Sangat penting untuk melindungi biji dari serangan cendawan karena dapat menyebabkan damping off sehingga memusnahkan semua semai yang ada. Atur jarak antarbiji, usahakan satu dengan lainnya tidak saling berdekatan. Kalau memakai tray semai, satu biji setiap lubang.
  3. Taburkan media ke atas biji secara tipis-tipis di bagian atasnya
  4. Siram air dengan bantuan sprayer hingga media basah. Kemudian letakkan wadah semai di tempat teduh. Penyiraman sebaiknya sehari sekali pada pagi hari (musim kemarau) atau asal media kering (hujan). Sebulan setelah semai barulah bibit berkecambah dengan munculnya 2 helai daun.

Sekitar sebulan setelah persemaian, tumbuh tunas-tunas muda. Tunggu bibit 2-3 helai daun (umur 4-5 bulan), barulah ditanam secara soliter dipot. Pemindahan dilakukan secara hati-hati karena bibit masih rentan/belum kuat beradaptasi dengan lingkungan baru.

silangan manusia

Di Indonesia, Jarang ada orang yang menyilangkan philo. Alasannya, kebanyakan philo yang ada di tanah air jenis hibrid. Untuk memunculkan bunga butuh waktu lama (sekitar 2-3 tahun) bila ditanam di lahan terbuka. Kalau pun berbunga belum tentu bisa dijadikan induk persilangan karena kemungkinan terjadinya penyerbukan kecil.

Bila tertarik untuk menyilangkan sebaiknya memiliki philo spesies dalam jumlah banyak. Dengan begitu, persilangan bisa lebih leluasa. Namun, setiap kali persilangan tidak mesti berhasil, bahkan sering kali gagal karena tidak terjadinya pembuahan.

loading...
Cara Pembibitan Tanaman Hias Philodendron | Penulis | 4.5