Cara Pemisahan Anakan Dan Setek Bunga Philodendron

Cara Pemisahan anakan Dan setek bunga Philodendron-Philodendron memiliki potesi menumbuhkan anakan yang muncul di samping tanaman induk. Sedikit banyaknya jumlah anakan sangat tergantung jenisnya. Anakan umumnya berdekatan/berimpitan dengan induk.

Pemisahan dilakukan bila anakan mencapai ukuran tertantu dan memiliki akar cukup banyak. Tanpa akar bibit tidak bakal tumbuh bagus. Memisahkan anakan yang sudah dewasa relatif aman. Namun, dari sisi ekonomis kurang menguntungkan . Sebaliknya, bila anakan terlalu dini dipisahkan kemungkinan besar gagal tumbuh.

Sebagai pedoman memisahkan anakan yang umum diterapkan para pekebun adalah melihat jumlah daun. Jumlah daun menunjukkan tingkat kedewasaan tanaman. Pemisahan anakan dilakukan bila memiliki 3-5 helai daun.Cara Pemisahan Anakan Dan Setek Bunga Philodendron

Baca Juga:

SETEK

Setek merupakan perbanyakan vegetatif yang paling sederhana, yakni menggunakan bagian tanaman, seperti batang atau pucuk. Umumnya sifat tanaman baru (bibit) memiliki sifat yang sama dengan induknya.

Artikel terkait

Setek batang disyaratkan telah dewasa ditandai tekstur keras dan warna hijau tua. Kegagalan teknik ini sreing terjadi karena bekas sayatan/luka mudah busuk sehingga akar sulit tumbuh. Cara lain adalah setek pucuk. Meskipun jumlah hasil anakan sedikit, tetapi umumnya tingkat keberhasilannya tinggi.

Pemisahan anakan

  1. Pilih tanaman yang telah memiliki beberapa anakan. Pastikan tanaman sehat dan terbebas dari penyakit.
  2. Ambil sebagian media yang menutupi batang hingga tampak akar. Cabut tanaman secara hati-hati.
  3. Potong rhizoma anakan secara hati-hati dengan menggunakan pisau tajam dan bersih. Pisau tumpul tidak disarankan karena bekas luka ada kemungkinan mengalami rusak sehingga memacu munculnya penyakit (busuk). Pisau okulasi sebaik nya lancip, tipis , dan kuat lebih baik dari pada pisau dapur.
  4. Pastikan bekas luka tegak lurus/miring rata dan luka cepat kering. Upaya preventif timbulnya penyakit dengan mengolesi luka bekas sayatan memakai larutan fungisida atau penutup luka (campuran serbuk kapur dan obat merah/gerusan biji pinang).
  5. Tanam bibit/anakan di wadah berisi media berupa campuran sekam bakar, cacahan pakis, dan kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 2:2:1.
  6. Letakkan bibit di tempat teduh dan terlindung dari sengatan sinar matahari atau guyuran hujan selama sebulan.
loading...
Cara Pemisahan Anakan Dan Setek Bunga Philodendron | Penulis | 4.5