Cara Pemupukan Tanaman Media Pot

Walaupun media tanam tabulampot Anda telah menggunakan pupuk kandang, pupuk organik masih diperlukan. Sampai umur 2 tahun, setiap 4 bulan, tambahkan NPK (15:15:15) sebanyak 25 gram per drum. Sejak umur 3 tahun dan seterusnya, setiap drum diberi 100 gramNPK (15:15:15). Caranya, benamkan pupuk NPK sedalam 10 cm, lalu siram hingga cukup basah.

Perlakuan pemupukan dapat memacu tabulampot berbuah di luar musimnya. Perlakuan tersebut dengan menggunakan pupuk organik, terutama dari hewan. Contoh pupuk organik yang sering digunakan adalah kotoran ayam atau sapi. Selain itu, pupuk organik juga terbuat dari tulang belulang ikan yang sudah ditumbuk halus. Ada juga yang menggunakan pupuk organik dari urine sapi, air bekas cucian daging. Mengapa pupuk organik sangat disarankan untuk melebatkan buah tabulampot? Hal ini karena pupuk organik dari hewan ini kaya kandungan fosfor dan kalium. Kedua unsur ini mampu memacu pembungaan pada tanaman buah.images (9)

Adapun perlakuan pemupukan agar menghasilkan buah yang rindang dilakukan dengan cara:

Baca Juga:
Artikel terkait

Sebelum dilakukan perlakuan, minimal 1 bulan sebelumnya tanaman telah diberi asupan yang cukup berupa pupuk organik. Pupuk organik yang diberikan bisa berupa pupuk organik murni seperti pupuk kandang atau kompos, bisa juga pupuk organik buatan yang tersedia dipasaran.

Pastikan tanaman telah cukup umur dan tanaman benar-benar dala keadaan sehat yang ditandai dengan pencabangan merata, warna daun hijau tua mengkilat dan tidak sedang terserang hama atau penyakit.

Pastikan juga tanaman tidak sedang berpucuk/berdaun muda.

Setelah syarat-syarat 1 sampai 3 dipenuhi,perlakuan pemupukan untuk merangsang pembungaan dapat dilakukan dengan cara:

  • Berikan pupuk (unsur hara mineral makro) dengan kandungan Fosfor dan Kalium yang tinggi.
  • Jika pupuk yang digunakan tidak mengandung unsur mineral mikro, tambahkan unsur hara mineral mikro seperti Ca, Mg, Zn, dan lain-lain sebagai pelengkap.
  • Jika tanaman sudah mengeluarkan bunga, berikan pupuk dengan kandungan K yang lebih tinggi.
  • Sampai buah matang, ulangi pemberian pupuk berkandungan K yang cukup. Dengan demikian akan diperoleh buah yang lebih besar dan manis.
loading...
Cara Pemupukan Tanaman Media Pot | Penulis | 4.5