Cara Pengikatan plastik Untuk Mata Entres Dan Penyambungan Tanaman

Ambil tali dan tarik tali plastik yang disiapkan untuk pengikatan. Pengikatan dari bawah tempelan melingkar ke atas dimulai sekitar 0.5 cm di bawah sayatan/jendela. Tali plastik disusun saling tindih seperti menyusun genting. Pengikatan dilakukan dengan hati-hati. Ingat pengikatan jangan terlalu kencang karena dapat mengganggu proses penyatuan batang bawah dan entres.

Pengikatan di dekat mata entres harus lebih hati-hati, ikat bagian bawah mata entres menuju bagian atas mata entres. Ikat arah menyilang menuju bawah mata entres, ikat bagian bawah mata entres, kembali menyilang ke atas mata entres usahakan sekitar mata  entres terikat sempurna sehingga air tidak masuk ke dalam tempelan. Lanjutkan pengikatan ke arah atau sampai ikatan menutupi 0.5 cm diatas luka sayatan batang bawah, lalu kunci ikatan dan tarik tali plastik dan potong/rapikan sisa tali plastik.              Mata entres yang besar atau menonjol, semisal pada durian tidak ditutup tali plastik saat pengikatan, tangkai daun dipotong penuh/biasanya tangkai daunnya sudah tanggal dengan sendirinya apabila mata entres sudah besar.                  images (1)Mata entres yang masih kecil ditutupi dengan tali plastik, tetapi disiasati dengan menyisakan potongan tangkai daun dibawahnya agak panjang sedikit, sehingga walaupun ditutup tetapi sisa potongan tangkai daun masih mampu melindungi mata entres kecil dari tekanan pengikatan tali plastik sehingga cukup ruang untuk tumbuh dan mata entres tidak patah. Jika mata tunasnya tidak menonjol seperti pada mangga dan jeruk mata tunas boleh ditutupi rapat dengan pita plastik.

Artikel terkait

Penyusunan atau Penyambungan                                                        Penyusunan (approach grafting) merupakan cara penyambungan batang bawah dan batang atas masing-masing tanaman masih berhubungan dengan perakarannya.Keuntungan dari tehinik ini yaitu tingkat keberhasilannya tinggi, tetapi pengerjaannya agak merepotkan, karena batang bawah harus selalu dideatkan kepada cabang pohon induk yang sebagain besar berbatang tinggi.

Baca Juga:

Kerugiannya yaitu penyusunan hanya dapat dilakukan dalam jumlah sedikit atau terbatas, tidak sebanyak sambungan atau menempel dan akibat dari penyusunan bisa merusak tajuk pohon induk.                                                                                                                Oleh karena itu penyusunan hanya dianjurkan untuk perbanyakan tanaman yang sulit dengan cara sambungan dan okulasi.

Cara melakukan susunan sebagai berikut:

  • Menyayat batang bawah dengan kayunya sepanjang 2-3 cm, kira-kira 1/3 diameter batang. Hal yang sama dilakukan untuk cabang batang atasnya yang belum dipotong dari induk. Keduanya kemudian dilekatkan tepat pada bagian yang disayat. Pada waktu melekatkan kambium entres dan batang bawahnya harus berhimpit.
  • Memposisikan susunan dalam keadaan duduk atau menggantung. Pemotongan entres dilakukan setelah pertautan berhasil. Biasanya setelah 3-4 bulan. Tandanya ada pembengkakan disekitar batang yang diikat. Agar cabang entres tidak stres sebaiknya pemotongan dari induk dilakukan secara bertahap sebanyak tiga kali.
  • Selang waktu pengeratan pertama ke berikutnya adalah seminggu. Pada pengeratan pertama setelah terjadi pembengkakan cabang entres dikerat 1/3 diameter cabang. Minggu kedua 2/3 diameter cabang. Minggu kedua 2/3 diameter cabang. Minggu ketiga susun dipotong lepas.
loading...
Cara Pengikatan plastik Untuk Mata Entres Dan Penyambungan Tanaman | Penulis | 4.5