Cara Pengobatan Diabetes Dengan kulit Semangka

Cara pengobatan diabetes dengan kulit semangka.Kulit semangka manjur atai diabetes mellitus. Ya, padahal selama ini masyarakat hanya menyantap daging buah semangka yang kuning atau merah merona, kulit mereka campakkan dikeranjang sampah.

Padahal di kulit itulah terdapat beragam senyawa aktif yang tokcer mengatasi berbagai penyakit termasuk penyakit maut seperti diabetes mellitus . Itu terbukti secara ilmiah sebagaimana riset Sugitanta, peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Sugiyanta menginduksi streptozotosin-pemicu diabetes melitus-pada 30 tikus wistar sebagai percobaan. Setelah itu ia memberikan ekstrak kulit semangka dengan beragam dosis, yakni 250 mg, 500 mg, dan 1.000 mg per kg bobot tubuh setiap hari.

Baca Juga:

Lama pemberian 8 hari. Pemberian ekstrak kulit Citullus lanatus itu menurunkan glukosa dan trigliserida  tikus. Dosis optimal penurunan glukosa 500 mg, sedangka dosis optimal penurunan trigliserida 1.000 mg.

Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit dengan indikasi peningkatan kadar gula darah akibat gangguan metabolisme tubuh. Pankreas tidak mampu memproduki hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Akibatnya, kadar glukosa darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan insulin. Insulin berperan mempertahankan kadar gula darah dalam keadaan normal.

Seseorang positif menderiota diabetes melitus jika kadar glukosa puasa lebih dari 126 mg/dl atau lebih dari 200 mg/dl pada 2 jam setelah makan. Pasien penderita diabetes di dunia mencapai 350-juta orang. Dari 10 orang dewasa di seluruh dunia, satu di antaranya mengidap diabetes.

Data profil kesehatan Indonesia menunjukka, pada 2005-2006 diabetes peringkat ke-9 penyakit tidak menular penyebab kematian dirumah sakit seluruh. Pada 2007, naik menjadi peringkat ke-6 penyebab kematian dengan proporsi kematian 5,7%.Cara Pengobatan Diabetes Dengan kulit Semangka

Bagaimana duduk perkara semangka mengatasi diabetes mellitus? Sugitanta menduga kulit semangka mengandung citrulline-penghasil nitrit oksida. Nitrit oksida mampu menurunkan glukosa darah dan trigliserida tikus pengidap diabetes.

Priset menjelaskan, citrulline berguna dalam sistem nitrit oksida manusia yang berpotensi sebagai antioksidan dan vasodilatasi alias melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh ke jaringan yang membutuhkan.

Kadar citrulline dalam semangka 3,9-28,5 mg per gram bobot kering. Kadar citrulline tidak berbeda jauh antara semangka berbiji dan nonbiji, masing-masing 16,6 mg dan 20,3 mg per gram bobot kering. Periset itu menghitung, citrulline semangka berdaging merah (7,4 mg) lebih sedikit dibanding semangka berdaging kuning (28,5 g) dan jingga (14,2 mg). Nah, kadar citrulline pada kulit semangka mencapai 24,7 mg, ternyata lebih banyak dari pada daging buah yang hanya 16,7 mg.

Artikel terkait

Ia menambahkan 10 cc air, memblender, hasilnya siap konsumsi sekali satu hari. Maria menyarankan, sebaiknya pasien diabetes menghindari konsumsi daging buah karena rasanya manis. ” Yang digunakan hanya kulit putihnya,” ujarnya.

Jika kondisi pasien kronis-indikasi nya muncul luka tambahan sirih mental dan kulit manggis. ”Sirih merah berfungsi sebagai antibiotik dan mengeringkan luka, sedangkan kulit manggis berperan sebagai antidiabetes,”

Rebus selembar daun sirih merah dan potongan satu buah kulit manggis dalam satu gelas air. Gunakan air rebusan itu untuk memblender kulit semangka. Jika kondisi pasien sudah membaik, konsumsi menjadi 3 hari sekali. Herbalis di Yogyakarta,memanfaatkan kulit semangka untuk melancarkan urine. Ia memotong-motong 2 irisan buah semangka beserta kulit puytih dan biji. Kemudian blender dengan segelas air, minum rutin 2 kali sehari, pada pagi dan malam.

Kulit bagian dalam berwarna putih juga berkhasiat sebagai masker wajah untuk memperkecil pori dan memperhalus kulit wajah. ”Bagian kulit semangka berwarna putih bersifat dingin,” . Haluskan bagian putih kulit semangka dengan blender lalu campur dengan 1 sendok madu dan putih telur. Usapkan larutan ke wajah dan biarkan selama 10 menit lalu bilas. Bila ramuan itu dipakai rutin niscaya kulit menjadi segar dan halus.

Kulit semangka bagian luar yang berwarna hijau berkhasiat sebagai penghalus kulit kaki yang pecah-pecah. Caranya tumbuh kulit bersama satu sendok madu. Kemudian gosok-gosokkan ke kulit kaki. Getah dari kulit semangka membuat pedih, tetapi kulit kaki menjadi halus dan ringan jika penggunaannya setiap hari.

Jika kebanyakan orang membuang kulit semangka, mengolahnya menjadi panganan enak, yakni menisan. Ia mengupas kulit terluar berwarna hijau hingga tersisa bagian dalam berwarna putih. lalu mencuci bersih bagian itu dan memotong berbentuk persegi panjang berukuran 3 cm x 4 cm. juga membentuk kulit semangka menyerupai hati menggunakan cetakan kue supaya lebih menarik.

Mereka kemudian memasukkan potongan kulit semangka aneka bentuk itu ke wajan dan menambahkan 125 g gula pasir, dan mengaduk sampai rata. Nyalakan kompor saat kulit semangka mengeluarkan air. Setelah itu tambahkan pewarna makanan, aduk sampai tepi potongan kulit terlihat bening. Angkat manisan dan angin-anginkan sampai kering.

Untuk mempercepat pengeringan, gunakan oven bersuhu 160 derjat Celcius selama 15 menit. Selama pengeringan, buka pintu oven agar uap air tidak terperangkap di dalam dan menyebabkan tekstur manisan alot.

Manisan kulit semangka tahan simpan selama 2 pekan jika disimpan di dalam lemari pendingin. Kulit buah Citrullus lanatus itu juga bisa dibuat penganan lain yang tak kalah enak seperti sayur bening, isi lumpia, sebagai pengganti rebung, setup buah, tumis, dan sayur godok.

Untuk membuat sayur bening, potong-potong kulit semangka berbentuk korek api. Rebus potongan kulit semangka bersama 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, bayam, tomat, dan temukunci. Tekstur sayur kulit semangka mirip seperti sayur labu siam.

loading...
Cara Pengobatan Diabetes Dengan kulit Semangka | Penulis | 4.5