Cara Perawatan Serta Harga Bunga Aglaonema Hibrida

Cara perawatan serta harga Aglaonema hibrida adalah tanaman aglaonema yang dihasilkan dari hasil persilangan antara dua macam aglaonema. Umumnya, penyilang melakukan hal ini untuk mendapatkan jenis yang mempunyai sosok lebih menarik atau lebih tahan terhadap  penyakit. Telah dijelaskan bahwa aglaonema hibrida ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu aglaonema patendan aglaonema non-paten.

Aglaonema Paten (Patented Aglaonema)

Aglaonema paten (Patented aglaonema) merupakan aglaonema silangan (hibrida) yang mempunyai hak paten, seperti komoditas atau hak cipta lainnya. Pemegang hak paten adalah   orang pertama yang menghasilkan tanaman tersebut. Pengembangbiakkan atau perbanyakan tanaman dapat dilakukan orang tersebut atau orang lain dengan membayar sejumlah royalti ke pemegang hak paten.

Baca Juga:

Di Amerika, terdapat  breeder yang hanya menghasilkan tanaman saja sedangkan pengembangbiakannya diserahkan ke orang lain. Breeder tersebut hanya menerima royalti.images

Organisasi yang mengeluarkan hak paten berdomisili di Amerika Serikat. Dalam pengajuan hak paten, sejarah tanaman yang diajukan dan orang-orang yang berperan dalam proses penyilangan tersebut harus disebutkan.

Selain data-data yang diperlukan, pemohon juga membayar sejumlah biaya registrasi. Proses pengajuan hak patenmembutuhkan 1-2 tahun. Dalam proses pemberian hak paten, tanaman diuji dalam hal ketahanan dan keunikannya.

Hak paten yang diberikan kepada breeder yang berhasil mendapat paten berlaku selama tujuh belas tahun. Contoh jenis aglaonema  yang telah mendapatkan hak paten sebagai berikut:

Nama Aglaonema                                                  Hak Paten

Artikel terkait
  • Amelia                                                                     8977
  • Black Lance                                                            10280
  • Brilliant                                                                   11030
  • Deborah                                                                    9775
  • Fran Hanan                                                             10761
  • Green Lady                                                              10271
  • Green Majesty                                                         9069
  • Golden Bay                                                              10140
  • Illuminaton                                                             10756
  • Jubilee                                                                      10270
  • Manila Pride                                                            9453
  • Mary Ann                                                                 8976
  • Moonshine                                                               10574
  • Painted Princess                                                     9081
  • Patricia                                                                     10269
  • Penny                                                                       09993

2. Aglaonema Non-paten (Non-patented Aglaonema)

Aglaonema non-paten (non-patented aglaonema) merupakan aglaonema yang tidak terdaftar atau tidak dipatenkan. Umumnya, aglaonema ini tidak diberi nama. Karena tidak dipatenkan maka siapa saja dapat mengembangbiakkan dan menjual tanaman tersebut tanpa harus membayar royalti ke pemiliknya atau orang yang menghasilkan tanaman tersebut. Perkembangan tanaman ini pun tidak dapat dikontrol.

Aglaonema paten dan non-paten di pasaran Asia mempunyai perbedaan lain. Aglaonema paten umumnya dijual dengan harga relatif murah setelah dibiakkan di nursery. Adapun aglaonema non-paten biasanya tidak diperbanyak secara massal dan dijual dengan harga setinggi-tingginya, tergantung keunikan dan warnanya.

Sebagai contoh, Miss Ausa (penyilangan dari Thailand) berhasil menjual aglaonema silangannya senilai satu juta bath; Ibu Suroyo (korektor senior) pernah membeli aglaonema Adeliah berukuran half mature, sekitar sepuluh daun, dengan harga USD 10.000.

Harga aglaonema non-paten tersebut termasuk sangat mahal, terlebih bila dibandingkan dengan harga aglaonema paten. Aglaonema paten yang dijual sekitar USD 10 per tanaman di Amerika dapat dimiliki di Indonesia dengan harga sekitar 20-50% dari harga tersebut.

Aglaonema non-paten dapat dikelompokkan berdasarkan warnanya, seperti merah, kuning, putih/atas putih, dan hijau/hijau keabu-abuan.

loading...
Cara Perawatan Serta Harga Bunga Aglaonema Hibrida | Penulis | 4.5