Cara Perawatan Tanaman Hias Dalam Ruangan Tertutup

Tanaman Hias yang ada di dalam ruangan tertutup perlu dibawa keluar untuk mendapatkan udara dan cahaya matahari agar kembali segar. cara perawatan tanaman hias dalam ruangan tertutup sangat mudah.Jenis-jenis tanaman hias indoor yang menyukai cahaya penuh dan udara segar dapat dikeluarkan seminggu sekali dan selama satu minggu atau lebih berada di luar ruangan. Untuk sementara tempat yang kosong di dalam ruangan dapat diganti tanaman lain.

Jenis-jenisĀ  tanaman indoor yang tidak menyukai matahari dan tahan di ruangan tertutup perlu juga dikeluarkan 2-4 minggu sekali. Selama 2-4 minggu tanama tersebut diletakkan di luar ruangan, yaitu di tempat-tempat ternaung atau di bawah kerindangan pohon agar mendapatkan udara segar.images (22)

Tanaman yang ditempatkan di ruangan ber-AC daunnya sering tampak mengering dan warnanya berubah dari hijau menjadi kecokelatan. Untuk mencegahnya, tanaman merana tersebut di tempatkan di luar ruangan yang bebas AC atau di kebun yang teduh selama 3 minggu. Setelah kondisinya sehat lagi, tanaman dapat ditempatkan lagi diĀ  ruangan ber-AC selama seminggu.

Baca Juga:
Artikel terkait

Bersih dari Debu

Debu dalam rumah merupakan musuh tanaman indoor yang sangat mengganggu. Debu ini akan menyabot keindahan penampilan tanaman, menyumbat pori-pori daun sehingga mengganggu pernapasan , membentuk lapisan di permukaan daun sehingga mencegah masuknya cahaya untuk fotosintesis, bahkan akan merusak dan membunuh tanaman kalau debu itu mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Debu yang menempel harus dibersihkan secara berkala dari permukaan daun. Lapisan debu yang belum begitu tebal dapat dibersihkan dengan air melalui penyemprotan sprayer tangan. Cara lain adalah daun diseka dengan spon basah atau lap yang telah dibasahi air.

Pergantian pot secara Berkala

Pergantian pot dilakukan jika ukuran tanaman sudah tidak sesuai lagi dengan ukuran pot. Pertengahan musim hujan merupakan saat yang tepat untuk memindah tanaman dari pot lama ke pot baru yang lebih besar.

Pot baru yang dipakai sebagai pengganti pot lama sebaiknya berselisih garis tengah sekitar 7 cm sehingga disekeliling akar tanaman tersisa ruangan kosong sekitar 3,5 cm.

loading...
Cara Perawatan Tanaman Hias Dalam Ruangan Tertutup | Penulis | 4.5