Cara Perawatan Harian Bunga Adenium

Cara perawatan Harian bunga Adenium.Tanpa perawatan yang intensif, Bunga adenium akan berbunga sepanjang tahun. bunga Adenium memang memiliki karakter rajin berbunga. Namun, tidak semua kamboja jepang bisa dipaksa atau mampu berbunga serempak. Jenis tanaman berperan penting menentukan rajin-tidaknya berbunga. Beberapa kultivar unggulan yang rajin berbunga antara lain crimson star, mo ra dok lok, peterpan, harry potter, dan painted lady.

Jenis-jenis tersebut mampu berbunga berbunga terus-menerus sepanjang tahun. Ada pula jenis adenium yang sekali berbunga mampu memproduksi kuntum dalam jumlah banyak. Sebaliknya, ada juga beberapa tanaman yang malas berbunga. Itulah sebabnya, sebaiknya menghindari memilih jenis adenium seperti multi florum, arabicum, crispum spesies, dan olefolium.

Jenis-jenis tersebut relatif malas berbunga dan jumlah bunganya sedikit. Hanya memunculkan 1-2 bunga atau dalam setahun hanya 3-4 bulan sekali berbunga. Selain jenis bunga, sebaiknya ketika membeli adenium harus memperhatikan umur tanaman, yaitu minimal berumur 2 bulan setelah grafting.

Baca Juga:

Sebetulnya adenium memiliki sifat mudah beradaptasi dan tidak sulit merawatnya. Meski beberapa jenis adenium pertumbuhannya cenderung lambat, tetapi masih bisa hidup hingga ratusan tahun. Sosok bunga yang cantik dan perawatanĀ  yang mudah membuat hobiis terpikat. Namun, beberapa hobiis sering mengeluhkan tanamannya rusak, pertumbuhan lambat, akar membusuk, mogok berbunga, atau daun rontok. Untuk itu, hobiis harus mengetahui karakter tanaman dan cara merawatnya.cara perawatn bunga adenium harian

Di habitat aslinya, di gurun pasir yang panas, adenium bisa bertahan hingga ratusan tahun. Meski bisa tumbuh sembarang lokasi, adenium tetap membutuhkan lingkungan yang sesuai agar dapat tumbuh bagus dan optimal. Untuk media tumbuh, adenium menyukai yang kering dan porous. Media tanam yang berpori banyak membuatĀ  sirkulasi udara dan aliran air lancar.

Adenium cocok tumbuh di daerah panas, kering, dan beruhu tinggi. Kebutuhan sinar matahari langsung yang diperlukan minimal 7-9 jam per hari. Jika ditempatkan di daerah dingin atau teduh, adenium dapat tumbuh, tetapi relatif lambat. Selain itu, jumlah bunga yang muncul sedikit.

Artikel terkait

Lantaran habitat asalnya gurun pasir, adenium tidak memerlukan penyiraman intensif. Adenium bisa bertahan lebih dari satu bulan tanpa penyiraman dalam kondisi seperti itu, hanya daunnya saja yang akan rontok. Tanaman menyimpan air di dalam akarnya yang besar. Jika berada di lingkungan yang kekurangan air, adenium akan memanfaatkan cadangan air dalam akarnya. Pemberian air yang berlebihan malah membuat tanaman gampang terserang busuk batang.

LINGKUNGAN TUMBUH YANG DISUKAI

Adenium termasuk tanaman yang bandel karena tidak menuntut banyak syarat hidup. Yang penting lokasi penanaman terbuka dan mendapat sinar matahari yang cukup. Idealnya, sukulen itu ditanam di daerah panas sehingga ketinggian 700 m dpl dan bersuhu 25-30 derjat Celcius Didataran tinggi ( ketinggian lebih dari 1.000 m dpl ) atau tempat teduh, pertumbuhan tanaman cenderung lambat dan malas berbunga. Batang pun terlihat kurus.

Jika di tanam di dalam pot, sebaiknya tanaman diletakkan di tempat yang terhindar dari tiupan angin kencang atau guyuran hujan deras. Halaman rumah atau teras yang terbuka adalah tempat ideal untuk adenium. Pasalnya, adenium bisa mendapat sinar matahari dari pagi hingga sore.

Untuk penanaman skala besar sebaiknya digunakan rumah kaca (green house). Penggunaan green house sangat menguntungkan, terutama jika musim hujan tiba. Pasalnya, tanaman mudah rusak dan malas berbunga jika terkena guyuran air hujan. Untuk daerah bercurah hujan tinggi, tanaman dinaungi plastik UV. Berbeda dengan di Thailand yang panas.

Perkebunan di sana cukup menggunakan net sebagai penaung. Adenium tidak menyukai lahan basah dan tergenang air lama. Adenium lebih senang di lingkungan yang kering karena perakarannya efisien dalam memanfaatkan air. Oleh karena itu, adenium membutuhkan drainase yang baik. Jika drainase buruk, air akan tertahan di media tanam sehingga menyebabkan akr membusuk.

Adenium membutuhkan sinar matahari langsung untuk memunculkan bunga. Biasanya tanaman mulai berbunga pada musi semi, yaitu saat matahari bersinar penuh. Selain untuk merangsang pembungaan, sinar matahari juga berguna untuk pertumbuhan batang dan cabang. Sinar matahari membuat akar kokoh, membesar, dan menjulang. Sinar matahari juga bisa memicu pertumbuhan cabang dan membuat cabang besar.

loading...
Cara Perawatan Harian Bunga Adenium | Penulis | 4.5