Cara Repotting Tanaman Hias Dan Buah

Cara  Repoting Tanaman Hias Dan Buah.Repotting adalah pemindahan tanaman ke tempat atau wadah yang lain. Repotting pada anggrek dilakukan karena pertumbuhan tanaman dalam pot sudah terlalu padat atau sosok tanaman tidak sesuai lagi dengan ukuran potnya.

Jika isi pot sudah penuh akar maka pertumbuhan tanaman akan terdesak ke atas melapaui permukaan pot sehingga penampilan tanaman dengan potnya tidak serasi lagi. Oleh karena itu, repotting perlu segera dilakukan.

1. Proses repotting

Baca Juga:

Untuk melakukan repotting diperlukan tahap-tahap perlakuan sebagai berikut.

Pot disiram terlebih dahulu, agar akar yang menempel pada sisi pot menjadi berlendir sehingga mudah dilepas.

Untuk mengambil tanaman, pot cukup dijungkurkan ke bawah, kemudian dasar pot  diketuk-ketuk agar tanaman dapat keluar. Jika sulit keluar, sambil dijungkirkan tanaman dipegang dan pot diputar hingga tanaman lepas.

Setelah terlepas, akan terlihat akar tanaman melingkar  memenuhi pot. Akar dibagian luar adalah akar muda yang sedang tumbuh, sedangkan di bagian dalam terdapat akar-akar tua yang kebanyakan sudah mati. Akar-akar sebaiknya tidak terpisah dari gumpalan kompos dan media tanam untuk mengurangi transplanting shock.cara repoting tanaman hias dan buah

Umbi semu yang muncul dipisahkan dari umbi lainnya dengan memotong rizoma di antara kedua umbi tersebut secara tegak dengan menggunakan pisau atau gunting potong yang tajam.

Artikel terkait

Setelah anakan dipisahkan, akar-akar yang mati dibuang dengan cara dipotong dengan gunting yang tajam. Akar-akar yang hidup juga dipotong hingga panjangnya tinggal 15 cm. Pemotongan ini akan membantu menumbuhkan kembali akar-akar bantu.

Tanaman yang sudah dipotong ditanam kembali dalam pot yang berdiameter lebih besar dari pot sebelumnya.

Sebelum ditanam, dasar pot diberi batu-batu kecil atau kerikil sebagai pengatur  drainase. Di bagian atas batu-batu kerikil tersebut, diletakkan di atasnya dengan mengatur akar-akarnya secara menyebar. Titik tumbuh tanaman sebaiknya berada sedikit di bawah bibit pot.

Posisi tanaman dalam pot

Posisi anggrek dalam pot diusahakan jangan sampai terlalu tinggi, atau terlalu rendah. Penanaman yang terlalu tinggi akan membuat posisi tanaman tidak stabil. Sebaliknya, penanaman yang terlalu dalam akan menyebabkan pertumbuhan akar sangat cepat memenuhi bagian bawah pot.

Ketikan menanam anggrek, tangan kiri memegang tanaman dan tangan kanan mengisi kompos ke dalam pot. Saat kompos hampir mendekati bibir pot, kompos dan akar tanaman ditekan ke bawah. Lalu ditambahkan lagi kompos hingga memenuhi mulut pot. Kemudian pot diberi label berisi tulisan nama anggrek yang ditanam lengkap dengan tanggal dan hari tanamnya.

Anakan setelah dipisah

Anakan yang dipisah dari pot induknya dapat segera ditanam dipot baru yang berukuran lebih kecil. Proses perlakuannya sama seperti pada repotting tanaman induk.

Saat akan dikeluarkan dari pot, media disiram sampai basah dan dibiarkan beberapa saat. Setelah itu, tanaman diangkat dengan hati-hati, kemudian ditanam dalam pot.

loading...
Cara Repotting Tanaman Hias Dan Buah | Penulis | 4.5