Cara Setek Tanaman Buah Dan Hias

Cara setek tanaman buah dan hias.Setek Tanaman buah dan tanaman hias merupakan perbanyakan tanaman menggunakan potongan tanaman induk. Bahan untuk dapat berupa batang, daun atau bagian daun, dan akar. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mengambil potongan tanaman karena tanaman sedang dalam keadaan segar.

Jika tidak akan langsung di tanam, kantong plastik dengan handuk basah dapat digunakan untuk menyimpan setek. Tujuannya agar setek tetap dalam keadaan segar dan lembab hingga akan ditanam untuk diakarkan.

Ukuran setek biasanya berkisar 5-7 cm atau 2-3 buku. Untuk memotong batang, bisa menggunakan pisau yang tipis dan tajam. Akan lebih aman, jika mencelupkan pisau ke dalam larutan alkohol atau fungisida berkonsentrasi rendah setiap kali selesai memotong tanaman.

Baca Juga:

Tujuannya untuk menghindarkan penyebaran penyakit dari tanaman yang sakit ke tanaman yang sehat.

Untuk setek batang, daun perlu dikurangi hingga hanya terdapat 3-5 helai untuk mengurangi potensi kehilangan air. Pada tanaman yang berdaun lebar, daun yang tersisa dapat dipotong setengahnya atau diikat. Pemotongan atau pengikat tersebut juga bertujuan untuk menghemat tempat saat penanaman untuk pengakaran.

Pada setek daun, bagian tanaman yang diambil adalah daun dan tangkainya, tangkainya saja, atau bagian daunnya saja. Tipe perbanyakan ini harus membentuk, baik akar maupun tunas.

Dengan demikian, setek daun membutuhkan waktu lebih lama untuk membentuk tanaman dewasa baru dibandingkan dengan setek batang. Saat tanaman baru sudah terbentuk, daun lama dapat dipotong dan dibuang.cara setek tanaman buah dan hias

Artikel terkait

Berdasarkan cara penanaman saat pengakaran, setek dibagi menjadi dua macam, yaitu setek komunal dan setek individu. Pada setek komunal, batang setek ditanam secara bersama-sama dalam satu wadah (pot). Cara ini membantu menjaga kelembapan di sekitar setek.

Pada setek individu, setiap batang setek ditanam terpisah. Setek individu biasanya dilakukan pada tanaman yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap serangan jamur atau bakteri, sperti Dipladenia sp. ‘Sun Parasol Crimson’, Mandevilla sp., atau tanaman-tanaman impor.

Sementara itu, setek setek komunal bisa dilakukan pada tanaman yang memiliki sensitivitas yang rendah, seperti tanaman hias jenis lokal.

Untuk mengikatkan persentase keberhasilan setek, pemberian pupuk P pada tanaman akan sangat berguna. Hal ini disebabkan ketebalan daun tanaman yang diberi pupuk akan bertambah sehingga keberhasilan penyetakan meningkat (terbukti pada tanaman mandevilla).

Busuk atau keringnya bahan tanaman pada setek

Penyebab

  • Kurang bersihnya lingkungan.
  • Penyiraman yang tidak sesuai.
  • Kurangnya perawatan tanaman selama perakaran.
  • Media tanam yang tidak steril.
  • Indukan yang tidak sehat.

Solusi

  • Pemberian fungisida 0,1% pada potongan tanaman
  • Pemberian air yang cukup.
  • Pemberian nutrisi yang tepat saat perakaran.
  • Usahakan daun setek dalam keadaan selalu segar.
loading...
Cara Setek Tanaman Buah Dan Hias | Penulis | 4.5