Ciri Batang Bunga Anggrek Cattleya

Ciri batang bunga anggrek cattleya.Berdasarkan pertumbuhan batangnya, Cattleya termasuk anggrek simpodial, yaitu terdiri dari umbi semu (psedobulb) yang mempunyai pertumbuhan terbatas. Pseudobulb berbentuk gada, agak pipih, keras,, dan berdaging. Ukurannya bervariasi tergantung pada spesiesnya.

Psedobulb pada tanaman yang masih muda dilindungi atau terbungkus oleh daun pelindung yang akan mengering setelah tanaman menjadi dewasa. Pada pangkal pseudobulb terdapat akar rimpang atau rizoma yang menghubungkan pseudobulb yang lainnya. Jika pseudobulb telah mencapai panjang kurang lebih 20 cm maka akan mengeluarkan kuncup bunga.

Apabila sebuah psedobulb telah keluar bunga maka psedobulb tersebut tidak akan berbunga lagi. Agar dapat berbunga lagi, tanaman Cattleya tersebut harus membentuk tunas anakan baru pada bagian dasar atau pangkal pseudobulb.

Baca Juga:

Sementara itu, pseudobulb yang telah mengeluarkan bunga akan berfungsi sebagai tepat penyimpanan makanan dan air. Oleh karena itu, pseudobulb jangan di pangkas atau dipotong untuk dibungakan selama pseudobulb tersebut masih padat berisi.ciri batang bunga anggrek cattleya

Akar Cattleya

Artikel terkait

Pada umumnya akar anggrek berbentuk silindris, berdaging, lunak, mudah patah, satu ujung akar meruncing licin sedikit lengket. Dalam keadaan kering, akar tampak berwarna putih keperak-perakan pada bagian luarnya dan hanya pada bagian ujung akar saja yang berwarna hijau atau tampak agak ke unguan. Akar-akar yang sudah tua menjadi cokelat dan kering, dan kemudian digantikan oleh akar yang baru tumbuh.

Akar anggrek mempunyai velamen yang terdiri dari beberapa lapisan sel yang berongga dan transparan serta merupakan lapisan pelindung pada sistem saluran akar. Velamen berfungsi melindungi akar dari kehilangan air dalam proses transpirasi dan evaporasi, menyerap air, melindung bagian dalam akar, serta membantu melekatnya pada benda yang di tumpangi. Cattleya mempunyai velamen yang sangat tebal sehingga diameter akarnya cukup besar.

Akar atau hara yang langsung mengenai akar akan diabsorbsi oleh velamen dan ujung akar. Hanya air dan hara yang melalui ujung akar yang dapat disalurkan ke dalam jaringan tanaman.

Di habitat aslinya, anggrek menempelkan akarnya pada cabang-cabang pohon yang besar dan rindang. Akar lekat digunakan untuk menjaga posisi dan kedudukan pada tumbuhan inang agar cukup mendapat sinar matahari.

Akar lekat dapat menjalar ke seluruh substrat tempatnya menempel sehingga memperkuat kedudukan tanaman. Anggrek epifit tidak mengambil nutrien dari tumbuhan inangnya, tetapi hanya menyerap nutrien dari kulit kayu yang telah mati atau dari lingkungan di sekitarnya. Selain akar lekat, anggrek memiliki akar udara yang berfungsi menyerap air atau unsur-unsur hara.

loading...
Ciri Batang Bunga Anggrek Cattleya | Penulis | 4.5