Ciri Bibit Tanaman Hias Bagus Serta Cepat Besar

Ciri bibit tanaman hias bagus serta cepat besar-Bibit tanaman hias yang berkualitas akan menentukan besar kecilnya produksi serta waktu pembungaan. Bibit yang berasal dari pembiakan generatif atau dengan kata lain berasal dari biji , membutuhkan waktu yang lebih lama dari bibit yang berasal dari pembiakan vegetatif.

Cara membedakannya sangat mudah. Pada bibit hasil pembiakan vegetatif terdapat bekas sambungan pada pangkal batang, terutama untuk bibit hasil okulasi maupun enten (cara sambung). Sementara pada bibit yang berasal dari, kita tidak mendapati adanya batas sambungan pada batang. Selain itu, bibit dari perbanyakan generatif umumnya lebih tinggi dari bibit hasil vegetatif.

Bibit hasil pembiakan generatif umumnya baru akan berbuah setelah 4-8 tahun. Selain itu, buah yang dihasilkan umumnya berbeda sifatnya dengan tanaman induk akibat terjadinya mutasi yang menyebabkan sifat yang dikandung dalam biji tidak sama dengan induknya.Ciri Bibit Tanaman Hias Bagus Serta Cepat Besar

Baca Juga:

Sementara bibit yang berasal dari perbanyakan secara vegetatif akan memberikan hasil yang lebih baik, berbunga lebih cepat, dan umur panen lebih pendek.

Perbanyakan tanaman dengan cara vegetatif ini dilakukan dengan beberapa cara, yaitu cangkokan,susunan okulasi (mata tempel), dan sambungan. Oleh karena itu, bila kita menginginkan tanaman mangga yang cepat berbuah, pilihlah bibit yang berasal dari pembiakan vegetatif, yang berasal dari bibit unggul dan sehat.

Bibit yang unggul dan sehat memiliki produksi yang tinggi, lebih cepat berbuah, cita rasanya lebih enak, serta bentuk,warna, dan ukuran buah lebih menarik. Selain itu, umumnya bibit hasil pembiakan vegetatif lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Ciri bibit yang sehat adalah memiliki batang yang kokoh, percabangan yang kuat dengan jumlah  daun lebat, memiliki kulit batang yang mulus, dan tidak ada satu bagian tanaman yang terserang hama dan penyakit. Bibit sebaiknya sudah mencapai tinggi 50 cm, diameter batang 5 cm, dan usia bibit 8-12 bulan.

Artikel terkait

Bibit tanaman dengan daun yang layu, cacat, atau warnanya pudar, sebaiknya tidak di pakai. Cacatnya daun ini disebabkan perawatan kurang baikm terkena serangan hama dan penyakit, atau tanaman baru dipindahkan dari tempatnya.

Setiap bibit memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bibit dari biji akarnya kuat dan sifatnya sama dengan induknya. Tetapi, butuh waktu lama untuk bisa berbunga dan berbuah, bisa mencapai 8-10 tahun.

Bibit cangkokan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai fase pembentukan bunga mulai awal pemindahan bibit ke pot atau tanah hingga berbunga dan berbuah relatif singkat. Tetapi, perakarannya tidak kuat. Sementara bibit okulasi dan sambung sifat tanamannya berbeda dengan induknya.

Tetapi akan berbunga dan berbuah dengan cepat, sekitar 3-5 tahun. Meski demikian, bibit dari okulasi dan sambung sifat prima karena berasal dari tanaman induk pilihan. Untuk lebih amannya, kita sebaiknya membeli bibit yang memiliki jaminan bahwa bibit tersebut berasal dari pohon induk.

Varietas bibit juga menentukan keberhasilan sebuah budidaya. Salah memilih bibit, hasilnya bisa mengecewakan karena tanaman mangga tak kunjung berbuah. Umumnya, hampir keseluruhan varietas yang ada dapat dibuahkan dalam pot.

Hanya saja, ada perbedaan waktu, produktivitas , serta lebar tajuk dimiliki. Bila kita kita beru memulai, sebaiknya pilihlah tanaman dengan tajuk yang seimbang, mudah dalam perawatannya, dan cepat berbuah.

Dibawah Dibawah ini ada beberapa jenis mangga berdasarkan kemampuan berbuahnya, yaitu sebagai berikut:

  • Jenis mangga yang sangat mudah berbuah. Contohnya adalah varietas chokonan.
  • Jenis yang mudah berbuah. Contohnya varietas nam dok mai, apel, brazil, dan modenko.
  • Jenis yang memiliki kemampuan berbunga sedang. Umumnya mangga jenis ini akan berbuah setelah 3 tahun. Contohnya adalah nan klang wan, okyong, arumanis, manalagi, alphonso, irwin, haden, khioe sawoei crossing, pawpaw, bahdarkandi, podang, cingnawang, pedro, dan liar.
  • Jenis yang sulit berbuah. Contohnya gedong, parkit, gedong gincu, khioe sawoei, indramayu, dan red parkit.
  • Jenis yang sangat sulit berbuah, contohnya adalah R2E2, neldika, dan kenshington pride.
loading...
Ciri Bibit Tanaman Hias Bagus Serta Cepat Besar | Penulis | 4.5