Ciri Buah melon Memiliki Kualitas Bibit Unggul

Ciri buah melon memiliki kualitas bibit unggul.Persiapan bibit buah melon unggul sangat penting dilakukan sebagai jaminan proses produksi dapat berjalan lancar. Selain itu, persiapan bibit buah melon yang memiliki kualitas unggul,berperan penting dalam menghasilkan melon unggul berkualitas.

Kebutuhan benih

Jumlah tanaman melon per hektar lahan sekitar 20.000 tanaman (termasuk sulaman), yang dapat dicukupi dengan penyediaan benih sekitar 500-600 g, tergantung pada varietas (ada beberapa varietas yang memiliki berat benih lebih rendah). Untuk mendapatkan kepastian pemasaran, pilih varietas melon yang disukai konsumen atau sesuai dengan pasar yang akan di tuju.

Baca Juga:

pengecambahan benih

Untuk memastikan semua benih dapat berkecambah dan dapat tumbuh menjadi bibit, hanya benih-benih yang berkecambah saja yang nantinya akan disemai.

Proses pengecambahan benih diawali dengan perendaman benih dalam air hangat kuku yang dicampur fungisida sistemik sesuai dengan dosis anjuran. Untuk benih yang sudah diberi perlakuan fungisida (biasanya berwarna merah) maka perlakuan fungisida tidak perlu lagi. Perendaman dilakukan selama 4-6 jam.

Setelah direndam, benih ditiriskan dan diletakkan diatas kertas koran lembab selama dua hari satu malam (36 jam) pada suhu kamar. Kertas dijaga agar tetap dalam kondisi lembap. Jika diperlukan, lakukan penyemprotan dengan sprayer.bibit buah melon kualits unggul

Artikel terkait

Penyemaian benih

Benih yang sudah berkecambah harus segera dibibitkan atau disemai dalam media pembibitan. Penyemaian benih dapat menggunakan kanong plastik bening atau polybag berukuran 7 cm x 10 cm. Media semai yang digunakan berupa campuran tanah dan pupuk kandang yang sudah matang dengan perbandingan 2:1.

penanaman dilakukan dengan cara membuat lubang sedalam 2 cm dengan jari lalu benih dimasukkan dengan bagian berakar di bawah. Selanjutnya, benih ditutup dengan tanah, tetapi ujung benih masih terlihat. Selain menggunakan polybag ataupun kantong plastik, penyemaian benih juga bisa dilakukan di tray dengan media tanam dari rockwool.

Benih yang telah berkecambah ditanam di kantong pelastik semai atau wadah penyemaian lainnya (baki pelastik) pada kedalaman 2 cm, dengan letak calon akar atau bagian benih yang runcing berada dibawah. Media semai di basahi dengan air hingga lembap. Persemaian ditempatkan ditempatkan di dalam sungkup.

Persemaian perlu dijaga agar selalu dalam kondisi lembap, tetapi tidak boleh terlalu basah (becek). Bibit dipindahkan kelapangan setelah berumur 7-12 hari atau telah memiliki 1-2 helai daun jati.

Bibit melon yang sedang disemai perlu disungkup untuk menghindari sinar matahari langsung. Sungkup dibuat dari rangka bambu dengan lebar dasar 1,00-1,25 m, tinggi 0,5-0,6 m, dan bentuknya melengkung setengah lingkarang. Panjang sungkup disesuaikan kebutuhan bibit. Sungkup harus berada ditempat terbuka yang sirkulasi udaranya baik.

loading...
Ciri Buah melon Memiliki Kualitas Bibit Unggul | Penulis | 4.5