Ciri fisik Bunga Anggrek Cattleya

Ciri fisik bunga anggrek cattleya.Dengan mengenal dan memahami bagian-bagian tanaman anggrek Cattleya serta karakteristiknya merupakan satu cara untuk memudahkan anda dalam melakukan perawatan.

Melihat pertumbuhan daunnya, Cattleya termasuk golongan tanaman evergreen karena helaian daunnya tetap segar, berwarna hijau, tidak gugur secara serentak. Dilihat dari tebal tipisnya helaian daun, ada dua macam anggrek, yaitu anggrek berdaun tipis dan anggrek berdaun tebal. Anggrek Cattleya umumnya berdaun tebal dan banyak mengandung air.

Pada malam hari kandungan asam malat dalam daun meningkat, sedangkan pada siang hari akan menurun. Untuk mengatasi terjadinya transpirasi atau penguapan yang terlalu besra maka stomata atau mulut daun menutup pada siang hari dan membuka pada malam hari.ciri fisik bunga anggrek cattleya

Baca Juga:

Stomata terdapat pada permukaan bawah daun. Berdasarkan membuka dan menutupnya daun, pada umumnya anggrek tergolong dalam kelompok tumbuhan CAM (crassulacean acid metabolism).

Artikel terkait

Bentuk daun jorong meruncing (elliptico-actus) atau jorong bulat memanjang (elliptico-oblongus). Daun berdaging, berwarna hijau muda sampai hijau tua, permukaan daun licin, dan tepinya rata. Daun keluar dari ujung pseudobulb.

Berdasarkan jumlah daunnya, anggrek cattleya terbagi menjadi dua golongan, yaitu Cattleya berdaun satu (unifoliatus) dan Cattleya berdaun ganda. Cattleya unifoliatus mempunyai satu helai daun dan pada umumnya mempunyai bunga yang berukuran besar dengan jumlah kuntum 1-2/tangkai.

Sementara Cattleya berdaun ganda biasanya mempunyai 2-3 helai daun dan ukuran bunganya lebih kecil, tetapi jumlah kuntumnya lebih banyak, yaitu rata-rata 3 sampai di atas 8 kuntum/tangkai.

Beberapa contoh spesies Cattleya berdaun tunggal di antaranya Cattleya dowina, Cattleya gaskelliana, Cattleya iricoolor, Cattleya labiata, Cattleya luteola, Cattleya maxima, Cattleya mendelii, Cattleya mossiae, Cattleya percivaliana, Cattleya schroderae, Cattleya trianaei, Cattleya walkeriana (berdaun 1-2 helai), dan Cattleya warscewiczii.

Sementara contoh Cattleya berdaun ganda (berdaun 2-3), yaitu Cattleya aclandiae, Cattleya amethystoglossa, Cattleya aurantica, Cattleya bicolor, Cattleya bowringianan (2-3), Cattleya forbesii, Cattleya granulosa, Cattleya guttata, Cattleya intermedia, Cattleya loddigesii, Cattleya schilleriana, Cattleya skinneri, Cattleya velutina, dan Cattleya violacea.

loading...
Ciri fisik Bunga Anggrek Cattleya | Penulis | 4.5