Contoh Peralatan kultur jaringan Tanaman

Contoh peralatan Kultur jaringan tanaman.Peralatan dan sarana penunjang kultur jaringan relatif mahal harganya. Biasanya peralatan kultur jaringan, seperti gelas ukur dapat dengan mudah diperoleh di toko-toko kimia. Sementara itu, peralatan lainnya, seperti laminar dan autoklaf biasanya dijual di suplier tertentu.

Dalam penggunaannya, peralatan tersebut harus diperlakukan dan dirawat dengan baik. Jika tidak, peralatannya akan mudah rusak. Beberapa dijelaskan Contoh peralatan kultur jaringan Tanaman

Laminar

Baca Juga:

Laminar merupakan suatu kotak tempat sterilisasi dan penanaman eksplan (bahan tanaman). Didalam laminar terdapat blower dan lampu ultra violet. Blower menghembuskan udara halus melalui suatu kotak filter yang berfungsi untuk mencegah kontaminan yang berasal dari udara.

Sementara itu, lampu ultra violet berfungsi untuk mematikan kontamina yang berada di permukaan dalam laminar (tempat kerja). Sebelum menggunakan laminar, permukaan dalam laminar dilap dengan kapas atau tissu yang sebelumnya dicelupkan dalam alkohol 70% dan lampu ultra violetnya juga dinyalakan selama 0,5-1 jam.contoh peralatan kultur jaringan tanaman

Artikel terkait

Ruangan kultur

Ruang kultur merupakan suatu ruangan ber-AC yang berisi rak-rak terbuka dan sebagai tempat menyimpan botol-botol kultur. Ruangan ini harus dijaga kebersihannya. Keluyar masuknya orang yang tidak berkepentingan di dalam ruangan sedapat mungkin dihindari.

Penggunaan AC mutlak diperlukan karena ruang kultur merupakan ruang tertutup yang sedikit sekali memiliki aliran udara bebas.

Suhu dan cahaya di ruang kultur juga perlu dijaga. Cahay amat penting untuk pengendalian perkembangan berupa lampu flourescent. Lampu di ruang kultur ada yang dinyalakan secara terus-menerus dan adapula yang dinyala-matikan secara periodik dengan menggunakan timer, selang 10-16 jam.

Kebutuhan penyinaran ini tergantung dari jenis tanaman yang ditanam di ruang kultur. Suhu di ruang kultur diusahakan di bawah suhu ruang(25 derjat celcius) agar tidak tumbuh banyak cendawan dan bakteri. Hal ini disebabkan cendawan, bakteri dan berbagai kontaminan lain sangat mudah tumbuh dalam suhu ruang.

Peralatan pendukung

Berbeda dengan teknik perbanyakan lain yang hanya membutuhkan alat bantu sederhana, teknik kultur jaringan cuykup mahal harganya. Alat-alatnya yang digunakan, antara lain labu takar, pipet, erlenmeyer, gelas piala, pinset, gunting, gagang scalpel, kertas saring, cawan petri, dan botol-botol kosong. Sebelum digunakan, alat-alat ini disterilisasi dengan autoklaf.

loading...
Contoh Peralatan kultur jaringan Tanaman | Penulis | 4.5