Daya Tarik Bunga Anthurium Untuk Pengemarnya

Daya tarik bunga anthurium untuk pengemarnya-Tidak bisa dipungkiri kalau saat ini semua orang sedang ”kesurupan” anthurium. Perbincangan tanaman hias ini seolah tidak ada habisnya. Semua itu karena harganya yang tinggi. Ada fenomena apa dibalik semua ini?

Ibarat emas, kilaunya mampu menyihir semua orang. Tak heran, bila hampir semua orang tertarik terjun menggelutinya. Mulai dari petani, tukang ojek, pegawau PNS, guru, sampai pengusaha ikut berbisnis anthurium.

Bagaimana mereka tidak tertarik berbisnis anthurium. Harga anthurium melonjak tinggi hanya dalam hitungan bulan. Indukan yang semula berharga ratusan juta rupiah. Harga lebih tinggi lagi untuk jenis-jenis yang langka. Sebut saja, Anthurium jenmanii ‘kobra’.

Baca Juga:

Belajar dari fenomena anthurium, ada beberapa yang patut dicermati tentang trennya suatu tanaman hias.

semakin sulit mendapatkan jenis tanaman hias tertentu maka harga akan terdongkrak naik. Pada kasus anthurium terjadi karena aksi borong indukan anthurium yang dilakukan pemain tanaman hias di seputaran Solo, Yogyakarta, dan Magelang.

Begitu stok menipis, pemain di Jakarta kelabakan mencarinya. Mereka pun akhirnya balik membeli indukan itu kembali. Konsekuensinya harga tinggi.Daya Tarik Bunga Anthurium Untuk Pengemarnya

Perkembangan pasar anthurium sangat pesat. Tak hanya kolektor yang bermain, juga pedagang yang membeli indukan anthurium.

Artikel terkait

Maka perputarannya cepat, dari tangan satu di oper ke yang lain. Apalagi janji untung sudah di depan mata. Bagaimana tidak, hari ini dibeli dengan harga tinggi, besoknya sudah laku terjual dengan harga lebih tinggi.

Popularitas anthurium diprediksi bertahan lebih lama. Pasalnya, anthurium telah menjadi produk masyarakat, khususnya di Karanganyar, Jawa Tengah. Sehingga anthurium diperkirakan akan berkembang ke daerah-daerah lain. Luasnya pasar anthurium, butuh waktu lama untuk mencapai titik jenuh.

Menjadi komoditas unggulan. Tidak mudah menggeser anthurium dalam waktu dekat. Apalagi banyak orang yang memiliki kepentingan di bisnis ini. Tidak saja menyangkut penghidupan masyarakat, khususnya di karanganyar, juga pedagang dan investor. Jangan heran bila banyak pemain besar yang menahan indukan sambil menunggu harga stabil.

Gencarnya publikasi dari media massa. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur tercatat belasan media cetak yang belasan media cetak yang mengulas khusus anthurium, dari sebelumnya yang hanya 2 media cetak. Dua majalah pertanian nasional pun terus menerus mengulas komoditas yang menerbitkan buku .

Ada beberapa penerbit buku yang menerbitkan buku anthurium. Tidak hanya satu judul, tetapi diterbitkan seri-seri lainnya. Ada saja yang diangkat menjadi topik dibuku, mulai dari pengenalan jenis, perawatan, sampai peluang bisnisnya. Belum lagi media televisi yang menayangkan informasi tentang anthurium di setiap acaranya.

Banyak orang bertanya sampai kapan fenomena ini akan terjadi? Jawabannya, entah. Bisa setahun, dua tahun, tiga tahun, atau lima tahun lagi. Semua itu tergantung kepada pemain-pemain yang terlibat di dalam bisnis ini.

Bisa untung kalau cermat mendeteksi pasar dan memiliki penciuman yang tajam dalam berbisnis . Kalau tidak ya buntung alias rugi.

loading...
Daya Tarik Bunga Anthurium Untuk Pengemarnya | Penulis | 4.5