Dimana Bunga Kaktus Bisa Ditanam

Dimana bunga kaktus bisa di tanam?Secara umum Bunga kaktus menyukai tempat yang memiliki kelembapan rendah dan bersuhu tinggi. Hal itu dikarenakan Bunga kaktus telah berevolusi sehingga mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang kering. Akar kaktus mampu menyerap air secara optimal lalu menyimpannya dalam waktu lama. Itulah sebabnya bila tanaman ini tergolong ”bandel, artinya tidak perlu perawatan khusus untuk tumbuh dan berkembang.

Sebagai tanaman sukulen, kaktus mudah menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan dan toleransi tinggi terhadap perubahan kelembapan udara, curah hujan, atau sinar matahari. Kaktus tumbuh di daerah panas hingga dataran tinggi, bahkan gunung bersalju sekalipun hingga berketinggian 1.200 m dpl.

Dihabitat aslinya (Amerika dan Brazil ), kaktus lebih cocok tumbuh di daerah sub tropis beriklim sedang hingga tropis. Akan tetapi, kaktus menyukai daerah yang mempunyai curah hujan minimal (di bawah 60 mm per bulan). Pada kondisi itu, udara sangat panas dan matahari bersinar sepanjang hari (50-80%). Lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan kaktus adalah bersuhu 16-34 derjat Celcius dan kelembapan udara 30-90%.tempat bunga kaktus di tanam

Baca Juga:

Sifat karakter Bunga Kaktus

Upaya menghadirkan kaktus di dalam (indoor) atau di luar ruangan (outdoor) bukan hal yang sulit. Namun, untuk mendapatkan hasil yang baik dan serasi diperlukan pengetahuan dasar mengenai kesesuaian dari tanaman tersebut. Hal ini mengingat lingkungan di dalam ruangan sangat berbeda sengan di luar ruangan sehingga berdampak pada cara perawatannya.

Artikel terkait

Kurang lebih 2.000 spesies kaktus tersebar di belahan dunia. Masing-masing jenis memiliki sifat dan karakter tersendiri. Oleh karena itu, pemilihan jenis kaktus sangat berpengaruh pada lokasi dan tujuan. Apakah ingin ditanam di halaman atau sekadar pajangan diteras dan ”pemanis” meja tamu.

Beberapa jenis kaktus membutuhkan sinar matahari sehingga cocok ditanam dihalaman atau teras rumah (landscape). Contohnya Astrophytum asterias, Fericactus herrerae, dan Acanthocalycium violaceum.

Selain itu, ada pula jenis kaktus yang tahan dipajang di dalam rumah atau diletakkan di dekat jendela, contohnya Aporocactus flagelliformis, Austracephalocereus dybowskii, atau Discocactus horstii. Bahkan, ada beberapa jenis kaktus, seperti Thelocactus, Rebutia, Parodia, dan Matucana yang membutuhkan sinar matahari dengan intensitas sedang. Kaktus tersebut kebanyakan di rawat di teras rumah.

Dari segi sosoknya, ada beberapa jenis kaktus yang cocok untuk ornamental plant di halaman. Contohnya, Cereus hildamannianus var. monstrose yang sosok batangnya unik dan berlekuk-lekuk tak beraturan. Jenis lain Cleisttocactus straussii, Stenocereus thurberi, Stetsonia coryne, dan Pahycereus pringlei karena berbatang silindris dan bersosok menjulang tinggi.

Di Indonesia, jenis yang paling populer adalah Opuntina microdasys karena berbentuk pipih seperti telapak tangan. Namun, kaktus dari keluarga Rebutia, Mammillaria, Matucana, dan Parodia kebanyakan ditanam dipot sebagai hiasan yang menarik.

loading...
Dimana Bunga Kaktus Bisa Ditanam | Penulis | 4.5