Dosis Memupuk Tanaman Hias Philo Eceng

Dosis memupuk tanaman hias philo eceng.Penambahan pupuk secara tepat dan teratur akan menghasilkan tanaman sehat dan berkualitas. Sebagai tanaman hias daun, philo eceng memerlukan unsur nitrogen (N), selain unsur makro (fosfor dan kalium) dan unsur mikro lain.

Unsur N dibutuhkan philo untuk mengaktifkan daun, memproduksi klorofil, dan memacu pertumbuhan tunas. Pupuk yang mengandung nitrogen tinggi dibutuhkan pula untuk merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman.

Pupuk dengan kandungan fosfor (P) diperlukan tanaman untuk membentuk perakaran yang sehat, sedangkan kalium (k) dapat merangsang pertumbuhan bunga. Pupuk P dan K sebaiknya mencapai fase generatif.pemupukan tanaman hias philo eceng

Baca Juga:

Gejala fisiologis tanaman jika mengalami defisiensi unsur hara ditandai dengan melambatnya pertumbuhan tanaman sehingga terlihat kerdil, warna daun pucat, dan muncul bintik-bintik kuning. Bahkan, pertumbuhan bentuk daun menjadi tak sempurna.

Artikel terkait

Batang tampak lemah dan daya tahan tanaman terhadap hama penyakit berkurang. Sebaliknya , bila unsur hara berlebih, daun akan mudah layu. Pada bagian permukaan daun muncul bercak cokelat dan sepanjang sisi pinggir terlihat agak gosong. Kelebihan pupuk bisa pula diindikasikan dari terbentuknya bercak putih pada permukaan pot, terutama pot tanah liat.

Pemupukan dapat dilakukan dengan menaburi permukaan media secara merata disekeliling tanaman. Bila hobiis menggunakan pupuk padat, 1 g pupuk dapat dilarutkan dalam 1 liter air.

Umumnya setiap tanaman mendapat 500 cc larutkan pupuk. Pemberian pupuk dapat rutin dilakukan setiap 3-5 bulan sekali. Lebih jelas, lihat pula cara, waktu, dan takaran penggunaan pupuk pada label tertera agar tanaman mendapatkan unsur hara sesuai proporsinya.

Seminggu sekali, hobiis dapat menyemprotkan pupuk daun. Berbagai merek pupuk, seperti Hyponex, Vitabloom, BASF, dan Gandasil dapat digunakan. Berbeda bila hobiis tidak menghendaki munculnya bunga pada tanaman, penggunaan NPK dan pupuk slow release sudah cukup bagi philo eceng untuk tampil mempesona.

loading...
Dosis Memupuk Tanaman Hias Philo Eceng | Penulis | 4.5