Ethylene Adalah Senyawa Unik Pematangan Buah

Ethylene merupakan senyawa unik dan hanya dijumpai dalam bentuk gas. Senyawa ini memaksa pematangan buah, menyebabkan daun tanggal dan merangsang penuaan. Tanaman sering meningkatkan produksi ethylene sebagai respon terhadap stress dan sebelum mati. Konsentrasi Ethylene fluktuasi terhadap musim untuk mengatur kapan waktu menumbuhkan daun dan kapan mematangkan buah.

Tanaman buah, bunga muncul jika kadar giberelinnya turun. Giberelin adalah senyawa kimia yang berfungsi sebagai zat perangsang tumbuh. Bersama auksin dan etilen, giberelin memengaruhi pertumbuhan jaringan tanaman.

Turunnya kadar giberelin bisa direkayasa dengan pemberian zat penghambat seperti paklobutrazol. Caranya? mudah saja. Siramkan paklobutrazol ke sekeliling media tanam atau semprotkan ke tajuk tanaman. Paklobutrazol diberikan satu tahun sekali setiap 3-4 bulan sebelum tabulampot memasuki masa pembuangan. Dosisnya 1 cc/liter air. Sebagai tambahan, berikan juga pupuk KN03, setiap dua bulan sekali dengan dosis 2-3 sendok makan.images (13)

Baca Juga:

Pemberian hormon disertai dengan penyiraman secara rutin 3-5 liter air/hari. Biasanya, bunga muncul 1-3 bulan kemudian. Namun, hal itu tergantung juga pada jenis tabulampotnya. Setelah bunga muncul, penyiraman ditingkatkan menjadi 10-15 liter/hari. Penyiraman langsung ditujukan dibagian akar karena penyiraman ke bagian tajuk dapat menyebabkan bunga gugur.

Artikel terkait

Pemberian ZPT merupakan langkah akhir yang dilakukan oleh hobiis tabulampot dalam merangsang pembungaan dan pembuahan tanaman. Hal ini karena harga ZPT relatif mahal dan resiko kegagalannya tinggi.

Apabila ZPT diberikan pada tanaman pada saat tanaman dalam fase pertumbuhan dengan dosis sesuai, maka hormon tersebut akan memengaruhi proses pembungaan. Pemberian ZPT paling tepat yaitu pada saat tunas-tunas telah berhenti tumbuh dan daun-daun berwarna hijau dengan tulang daun sudah mengaras. Dosispemberian ZPT harus sesuai umur dan jenis tanaman.

Tanaman dapat diberi perlakuan ZPT apabila telah berumur 4 tahun. Syarat lainnya yaitu tanaman harus dalam kondisi sehat dan pertumbuhannya maksimal. Pemberian ZPT harus diimbangi dengan pemberian pupuk yang dioptimalkan dan pengairan yang cukup.

Faktor yang memengaruhi keberhasilan pemberian ZPT yaitu kedewasaan tanaman, lingkungan, dan dosis. Tanaman yang belum dewasa jika diberi ZPT maka pertumbuhannya akan memburuk. Hal ini karena secara fisiologi tanaman tersebut belum siap berbunga. Faktor lingkungan seperti suhu, curah hujan, dan kelembapan cuaca dan cahaya apabila sesuai dengan kebutuhan tanaman maka pemberian ZPT akan mudah diserap oleh tanaman.

Pemberian ZPT dengan dosis yang tepat akan memngaruhi keberhasilan pemberian ZPT. Dosis yang tinggi akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Adapun dosis yang rendah menyebabkan pengaruh ZPT pada tanaman akan hilang.

loading...
Ethylene Adalah Senyawa Unik Pematangan Buah | Penulis | 4.5