Faktor Pendukung Pertumbuhan Tanaman

Faktor pendukung pertumbuhan tanaman.Secara alami, tanaman dewasa sehat dapat memperbanyak diri dengan baik saat kondisi lingkungan sekitarnya mendukung. Namun, untuk perbanyakan tanaman secara komersial, kecepatan pembentukan perakaran dan pertumbuhan tanaman perlu dibantu dan dipercepat dengan menambahkan unsur-unsur tertentu.

  • Faktor Pendukung pertumbuhan tanaman

Auksin merupakan suati komponen yang secara alamiah terdapat dalam tanaman. Auksin berfungsi membantu dalam pembentukan akar serta mempercepat dan meningkatkan persentase pengakaran pada tanaman yang sulit berakar. Auksin juga memperpendek waktu untuk pembentukan akar serta meningkatkan kualitas dan kuantitas akar.

NAA (napthalene acetic acid ) dan IBA (indolebutyric acid) merupakan jenis auksin sintesis yang paling banyak digunakan saat ini untuk membantu pengakaran setek. Keduanya tersedia dalam bentuk larutan atau serbuk.

Baca Juga:

Serbuk merupakan bentuk yang paling praktis untuk pemula karena dalam penggunaannya bisa dicampur dengan talc atau campuran pada konsentrasi yang tidak akan membahayakan potongan setek. Selain itu, campuran ini juga dapat langsung digunakan. Jika dalam bentuk larutan, auksin perlu diencerkan terlebih dahulu dengan air agar konsentrasi larutan sesuai dengan karakteristik tanaman.faktor pendukung pertumbuhan tanaman

Artikel terkait

Untuk tanaman herbaceous (tanaman dengan batang yang tidak berkayu), selang konsentrasi auksin yang dapat digunakan adalah 500-1.500 ppm. Sementara itu, untuk tanaman berkayu lembut, konsentrasi yang dapat digunakan sebesar 1.000-3.000 ppm. Saat auksin dengan konsentrasi yang tepat digunakan, pada potongan stek biasanya terbentuk jaringan kalus dan bakal akar tumbuh tepat di ujung bawah potongan setek.

Pestisida

Penyakit yang banyak menyerang dalam proses pembibitan tanaman adalah cendawan dan bakteri. Keduanya mudah masuk dari luka-luka tanaman. Jika menyerang, tanaman dalam pembibitan dapat menjadi busuk dan akhirnya mati.

Untuk mencegah hal tersebut, setiap luka pada tanaman, baik hasil potongan setek maupun pemisahan anakan, diolesi dengan fungisida efektif melindungi tanaman dari serangan cendawan. Sementara itu, bakterisida efektif melindungi tanaman dari serangan bakteri.

Jenis fungisida yang digunakan sebaiknya yang menghambat pertumbuhan tunasm seperti Orthoside atau Previkur, sedangkan bakterisida yang terdapat dipasaran, antara lain Agrimycin atau Agrept. Konsentrasi fungisida dan bakterisida yang dapat digunakan adalah 0,1% (1 g fungisida dalam 1 liter air). Fungisida yang terlalu pekat dapat membahayakan tanaman dan menghambat perakaran tanaman.

Nutrisi tanaman

Tiga minggu setelah penangkaran atau saat sudah membentuk akar, setek dapat menyerap nutrisi. Kebutuhan nutrisi tersebut bisa disuplay dari vitamin B1 (thiamin) sebanyak 2 cc/liter setiap 2 hari sekali.

Penggunaan pupuk pada tanaman bahan perbanyakan tidak disarankan untuk pemula. Hal ini disebabkan penggunaan pupuk yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan keracunan pada tanaman. Sebaiknya menggunakan vitamin B1 karena tidak akan membahayakan tanaman walaupun diberikan secara berlebihan. Vitamin B1 untuk tanaman dapat dengan mudah didapatkan di toko-toko pertanian.

loading...
Faktor Pendukung Pertumbuhan Tanaman | Penulis | 4.5