Gejala Penyakit Dan virus Pada Tanaman Hias

Gejala Penyakit Dan virus Pada Tanaman Hias.Gejala yang ditimbulkan oleh virus antara lain adanya mosaik atau bercak-bercak yang tidak beraturan disekitar daun atau pembuluhnya, kelainan bentuk bunga, warna bunga tidak merata, tanaman menjadi kerdil serta terjadi klorosis.

Beberapa contoh jenis yang banyak dan sering menyerang tanaman anggrek yaitu Cymbidium mosaic virus (CyMV), Tobacco mosaic virus strain Orchid (TMV-O), Odontoglossum ringspot virus (ORSV), dan Cymbidium ringspot virus (CyRSV).

Gejala penyakit dan virus pada tanaman hias anggrek yang terserang Cymbidium mosaic virus (CyMV) menunjukkan gejala klorotik memanjang pada daun muda. Bercak-bercak cokelat nekrosis di sepal dan petal. Warna bunga tidak merata dan berukuran lebih kecil dari biasanya. Virus ini menyerang anggrek Cattleya, Cymbidium, Calanthe, Phalaenopsis, dan Vanda.Gejala Penyakit Dan virus Pada Tanaman Hias

Baca Juga:
Artikel terkait

Tanaman anggrek yang terserang Tobacco mosaic virus strain Orchid (TMV-O) menunjukkan gejala yang sangat bervariasi, mulai dari garis-garis klorotik, bercak-bercak klorotik sampai nekrotik atau bercak-bercak berbentuk cincin berwarna hitam, warna bunga tidak merata, dan bagian tepi bunga bergelombang.

Virus ini banyak menyerang anggrek Cattleya, Cymbidium, Oncidium, Odontoglossum, Aranda, Epidendrum, Phalaenosis, Dendrobium, dan Vanda.

Penularan virus ke tanaman lain melalui benih atau bibit, serangga, kontak langsung antara tanaman sakit dengan tanaman sehat, atau peralatan potong seperti gunting, pisau, dan alat lainnya.

Infeksi nematoda

Nematoda yaitu sejenis cacing yang berukuran kecil. Pada umumnya, nematoda menyerang dan memakan akar dan pangkal batang, bahkan kadang-kadang menyerang dan memakan daun serta bunga.

Pertumbuhan tanaman yang terserang menjadi terhambat dan kerdil. Pemberantasannya dapat dilakukan dengan pemberian mematisida, contohnya Furadan.

loading...
Gejala Penyakit Dan virus Pada Tanaman Hias | Penulis | 4.5