Hama keong|Belalang|Semut|Trhips Pada Tanaman Hias

Hama keong|belalang|semut|trhips pada tanaman hias.Jenis-jenis keong yang menjadi hama perusak anggrek antara lain siput kecil, siput telanjang, dan siput telanjang. Siput kecil Lamellaxis (= Opeas) gracilis, belincong Sabulina octana, dan Inozonites sp. memiliki panjang tempurung 11 mm sangat menyukai anggrek Phalaenopsis.

Ketiga keong ini bersembunyi di bawah pot dan menyerang akar. Pada malam hari naik ke permukaan pot menyerang daun. Serangan berat terjadi pada musim hujan.

Siput telanjang Filicaulis (=Vaginula) bleekeri berwarna abu-abu kecokelatan dengan panjang lebih dari 5 cm. Sering ditemukan bersarang pada media pot anggrek. Jenis hama ini biasanya keluar dari pot jika kelembapan lebih dari pot jika kelembapan lebih dari 90%. Hama ini suka menyerang daun dan pucuk Dendrobium dengan memakan bagian-bagian yang masih lunak. Aktivitas hama berlangsung pada malam hari.

Baca Juga:

Siput setengah telanjang Parmarion popularis memiliki punggung menonjol dan agakĀ  keras, tetapi bukan cangkang. Siput ini berkeliaran pada malam hari di musim hujan dan, bersembunyi di media pot atau rumputan. Hama ini menyerang pseudobulb dan tunas anggrek yang masih muda. Bagian tanaman yang terserang terlihat rusak compang-camping.

Bekicot (Achatina fulica) merupakan keong besar berukuran lebih dari 13 cm. Aktif berkeliaran dan menyerang anggrek pada malam hari, terutama pada awal musim hujan. Di siang hari bersembunyi di tempat gelap.

Dalam jumlah sedikit, semua hama keong cukup diambil dengan tangan, lalu dibunuh. Jika jumlahnya banyak, hama ini dikendalikan dengan molusida.hama tanaman hias

Artikel terkait

Semut

Jenis semut yang menjadi hama anggrek adalah semut hitam dan semut lembut. Hama semut sangat menyukai bersarang di dalam pot atau di balik pot.

Kehadiran semut selain merusak akar dan tunas muda juga sering mengundang kedatangan cendawan penyebab penyakit. Hama semut tidak harus dikendalikan dengan insektisida. Kalau rajin membersihkan pot yang disimpan di rak dan menjaga lingkungan tetap bersih maka semut enggan bersarang di tempat tersebut. Kehadiran semut dapat pula dicegah dengan cara menggantung pot.

Belalang

Beberapa jenis belalang kecil memakan daun dan pucuk anggrek. Daya rusaknya cukup besar karena dapat berpindah dengan cepat dari tanaman satu ke tanaman lain. Gejala serangan adalah pinggiran daun tampak rusak dengan luka bergerigi tak beraturan.

Jika jumlah hama belalang cukup banyak, sebaiknya dikendalikan dengan jumlah insektisida yang bersifat racun kontak atau sistemik. Kalau jumlah belalang sedikit, pengendalian cukup dipencet dengan tangan saja.

Thrips

Thrips anggrek Dichromothrips (= Eugniothrips) smithi merupakan serangga kecil berukuran 1-1,5 mm. Warnanya abu-abu atau cokelat. Tubuhnya ramping dan berkaki 3 pasang. Hama ini menempel pada buku-buku batang di daun muda dan dapat merusak bunga.

Kehadiran hama thrips agak sulit diketahui. Serangannya mengakibatkan kerusakan serius pada anggrek Arachnis, Cattleya, Dendrobium, Renanthera, dan Vanda. Dampaknya pertumbuhan tanaman terhambat, bunga berguguran, daun berubah bentuk dan berwarna keperakan, serta produksi bunga turun .

Agar anggrek aman dari gangguan thrips, lebih baik secara periodik pot anggrek disemprot insektisida sebagai tindakan pencegahan. Penyemprotan dilakukan cukup satu kali sebulan sebagai upaya perlindungan tanamana.

loading...
Hama keong|Belalang|Semut|Trhips Pada Tanaman Hias | Penulis | 4.5