Hama Tungau Pada Anggrek Dan Cara Mengatasinya

Hama tungau pada anggrek dan cara mengatasinya.Timbulnya serangan hama antara lain disebabkan oleh faktor iklim (salah satu penunjang berbiaknya hama dan penyakit) dan faktor biologis (kemampuan hewan dan jasad renik untuk berkembang biak).

Faktor lain yang menyebabkan berkembangnya hama adalah kesalahan pemilik anggrek sendiri. Kesalahan itu meliputi perawatan yang tidak teratur dan kontinu, perlindungan tanaman yang kurang teliti, dan lingkungan yang tidak bersih. Hama utama tanaman anggrek adalah tungau, keong, dan serangga. Tergolong serangga adalah ulat, semut, belalang, thrips, kumbang, aphid, kepik, dan kutu daun.hama tungau pada anggrek dan cara mengatasinya

Tungau adalah kerabat laba-laba yang sangat kecil, tetapi masih bisa dilihat dengan mata dan sapat diamati secara jelas dengan kaca pembesar. Jenis tungau yang sering ditemukan menyerang anggrek adalah tungau merah dan tungau jingga. Serangan hama ini biasanya meledak pada musim kemarau.

Baca Juga:
Artikel terkait

Tungau merah

Tungau merah (Tenuipalpus orchidarum) atau red spider berukuran 0,2 mm. Hama ini sering ditemukan pada permukaan bagian bawah daun dan telurnya pada permukaan daun bagian atas.

Serangan tungau merah menyebabkan daun anggerk bulan berubah menjadi kuning keperakan, terutama trejadi pada tanaman yang masih muda. Gejala serangan berupa bercak putih dibagian bawah daun dan permukaan atasnya menjadi kuning. Lama kelamaan daun anggrek akan mati dan gugur.

Tungau jingga

Tungau jingg Pseudoleptus vandergooti berukuran panjang 0,3 mm, berwarna jingga atau merah kekuningan. Hama yang hidup berkoloni ini menyerang anggrek Phalaenopsis dan Dendrobium. Tanaman yang terserang daunnya menjadi kering dan pertumbuhannya kerdil.

Jika jumlah hama tungau masih sedikit, pengendaliannya cukup dengan cara diambil menggunakan pita perekat (selotip) lalu dibakar. Dapat pula dengan menggosok daun dengan kapas yang telah dicelupkan ke alkohol. Namun, jika serangan sudah menyebar, sebaiknya dikendalihan dengan insektisida berbahan aktif diazion atau dicofol.

loading...
Hama Tungau Pada Anggrek Dan Cara Mengatasinya | Penulis | 4.5