Inilah Manfaat kulit Buah Semangka

Inilah manfaat kulit buah semangka.Semangka merupakan buah dengan komoditas tinggi di daerah tropis, seperti halnya di Indonesia. Karena tanaman semangka berasal dari daerah subtropik Afrika. Dari benua Afrika, tanaman ini kemudian menyebar ke Mesir, India, bahkan ke Cina pada abad X. Daging buah semangka mengandung air sebanyak mengandung air sebanyak 93,4%, protein 0,5%, lemak 0,1%, karbohidrat 5,3%, serat 0,2%, abu 0,5% dan vitamin A 70 mcg.

Di Indonesia, buah semangka banyak dikonsumsi masyarakat. Selain karena memiliki banyak kandungan gizi, buah semangka dicari karena kadar airnya yang tinggi yang dapat menyegarkan setiap konsumennya.

Namun masyarakat hanya mengkonsumsi daging buahnya saja dan tidak dengan kulitnya. Dengan jumlah produksi 30 ton/ha/tahun, maka kulit buah yang tidak dikonsumsi masyarakat sekitar 3-5 ton/ha/tahun.

Baca Juga:

Memang tak banyak teknologi pemanfaatan kulit semangka di Indonesia. Namun di negeri Arab, semangka banyak dimanfaatkan sebagai makanan pencegah diabet, dengan cara menghaluskan kulit semangka hingga menjadi bubur dan mengkonsumsinya rutin setiap pagi dan sore hari.Teryata Semangka Mampu Menambah Seksual Pria

Artikel terkait

Berdasarkan informasi dari cara pengolahan kulit buah semangka di negeri Arab, maka tidak menutup kemungkinan pengolahan kulit buah semangka juga dapat dilakukan di Indonesia, mengingat jumlah produksi buah semangka yang mencapai 30 ton/ha/tahun. Hanya butuh suatu keterampilan dan kreatifitas untuk dapat menemukan solusinya.

Selain itu, kulit buah kaya air ini memiliki kandungan yang bisa menyembuhkan lima penyakit. Hasil penelitian terbaru yang disiarkan kantor Berita Arab Saudi menyebutkan bahwa kulit semangka dapat menyembuhkan sedikit lima macam penyakit, yaitu darah tinggi kronis, radang ginjal, sulit buang air kecil, sulit buang air besar kronis.

Penelitian Lembaga Medis Biologi Yordania itu juga memberikan jaminan bagi pasien dapat sembuh setelah melakukan pengobatan teratur selama sebulan.

Pengobatan darah tinggi dapat dilakukan dengan cara mengeringkan kulit semangka, lalu ditumbuk halus. Ambillah 20 gram kulit semangka yang telah ditumbuk itu, lalu masak dengan air secukupnya. Pasien yang meminumnya secara teratur tiap hari selama sebulan, penyakit darah tingginya bisa tersembuhkan secara total.

Sedangkan pengobatan empat penyakit lainnya dapat dilakukan dengan cara memotong kecil kulit semangka itu, lalu dimasak sehingga menjadi adonan. Simpanlah adonan itu di dalam botol kaca yang ditutup rapi.

Pasien penderita radang ginjal, sulit buang air kecil, sulit buang air besar kronis, dianjurkan memakan adonan itu satu sendok makan tiap hari sebelum sarapan. Lakukan hal ini selama satu bulan untuk penyembuhan. Jadi, jangan buang kulit semangka.

loading...
Inilah Manfaat kulit Buah Semangka | Penulis | 4.5