Jenis Akar Bunga Anggrek Serta Merawatnya

Jenis akar bunga anggrek serta merawatnya.Pada umumnya, akar anggrek berbentuk silindris dan berdaging, lunak, mudah patah, dengan ujung akar yang meruncing licing, dan sedikit lengket. Dalam keadaan kering, akar tampak berwarna putih keperak-keperakan di bagian luar, hanya di bagian ujung akar saja yang berwarna hijau atau tampak agak keunguan. Akar-akar yang sudah tua menjadi cokelat dan kering, kemudian digantikan oleh akar yang baru tumbuh.

Akar anggrek mempunyai velamen yang terdiri dari beberapa lapisan sel (sel-sel korteks) yang berongga dan transparan. Velamen itu merupakan lapisan pelindung pada sistem saluran akar. Lapisan sel itu berfungsi melindungi akae dari kehilangan air selama proses penguapa.

Velamen menyerap air dan melindungi bagian dalam akar, serta membantu melekatnya akar pada benda yang ditumpanginya. Air atau hara yang langsung mengenai akar akan diaborsi oleh velamen dan ujung akar. Namun, hanya air dan hara yang melalui ujung akar yang dapat disalurkan ke dalam jaringan tanaman.Jenis akar bunga anggrek serta merawatnya

Baca Juga:
Artikel terkait

Pada anggrek simpodial, akar keluar dari dasar pseudobulb atau sepanjang rhizoma. Hal ini berbeda dengan tipe monopodial yang akar-akarnya banyak tumbuh di ruas-ruas batang. Di alam, akar anggrek menempel di cabang-cabang pohon besar dan rindang.

Akar lekat digunakan untuk menjaga posisi dan kedudukan sehingga cukup mendapat sinar matahari. Akar lekat dapat menjalar ke seluruh substrat tempatnya menempel sehingga memperkuat kedudukan tanaman.

Anggrek epifit tidak mengambil nutrien dari tumbuhan inangnya, tetapi hanya menyerap nutrien dari kulit kayu yang telah mati atau dari lingkungan di sekitarnya. Selain akar lekat, anggrek memiliki akar udara yang berfungsi menyerap air dan unsur-unsur hara.

Kelembapan udara yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terganggunya pertukaran udara dalam akar sehingga dapat menyebabkan penyakit busuk akar.

loading...
Jenis Akar Bunga Anggrek Serta Merawatnya | Penulis | 4.5