Jenis Bakteri Yang Sering Menyerang Bunga Anggrek

Jenis bakteri yang sering menyerang bunga anggrek.Beberapa jenis penyakit yang menyerang anggrek Cattleya dan disebabkan oleh bakteri diantaranya bercak cokelat, busuk lunak, dan busuk cokelat.

Bercak cokelat

Penyakit bercak cokelat disebabkan oleh Pseudomonas sp. dan berkembang pada lingkungan basah serta suhu tinggi. Gejala yang tampak diantaranya terdapat bercak-bercak basah berair pada daun dan lama-kelamaan menjadi kehitaman.

Baca Juga:

Bila patogen ini menular sampai pada titik tumbuh (meristem) maka dapat menyebabkan kematian tanaman. Penularan patogen ke tanaman lain melalui air. Jenis anggrek yang banyak diserang bercak cokelat antara lain Cattleya beserta kerabatnya, Phalaenopsis, Dendrobium, dan oncidium.

Bakteri ini dapat diberantas dengan bakterisida seperti Physan, Dimandin, Cuprocide, dan Bubur Bordeaux dengan dosis 0,1-0,2%  atau sesuai dengan dosis anjuran. Penyemprotan bakterisida dilakukan 1-2 kali seminggu atau tergantung pada tingkat serangannya. Waktu penyemprotan dilakukan pada pagi hari pukul 06.00-07.00 atau pukul 17.00-18.00.jenis bakteri yang sering menyerang bunga anggrek

Artikel terkait

Busuk lunak

Penyakit busuk lunak disebabkan oleh bakteri Erwinia carotovora. Patogen ini menyerang seluruh bagian tanaman, seperti daun, akar, batang, atau pseudobulb. Bakteri tersebut terutama menyerang jaringan lunak dan jaringan bekas luka yang menimbulkan infeksi.

Akibatnya, terjadi pembusukan disertai bau yang tidak enak. Patogen ini menular ke tanaman lainnya melalui air dan serangga. Umumnya hampir semua jenis anggrek dapat diserang penyakit ini. Pemberantasannya dapat dilakukan dengan bakterisida, seperti Na-hipoklorit (Clorox) dengan dosis 0,1% dan Physan dengan dosis 0,1-0,2%.

Penyemprotan bakterisida dilakukan 1-2 kali seminggu, tergantung pada tingkat serangannya. Waktu penyemprotan dilakukan pada pukul 06.00-07.00 atau pukul 17.00-18.00.

Busuk cokelat

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Erwinia cypripedii. Bakteri ini menyerang daun bagian tengah berupa bintik-bintik bulat berair, yang lama-kelamaan menjadi berwarna cokelat. Bila serangan mencapai titik tumbuh (meristem), tanaman akan mati.

Jenis anggrek yang banyak diserang adalah Paphiopedilum dan kadang-kadang pada Ghalaenopsis. Bakteri ini diberantas dengan Physan atau sejenisnya dengan dosis 0,1-0,2% atau sesuai dosis anjuran.

Penyemprotan bakterisida dilakukan 1-2 kali seminggu atau tergantung pada tingkat serangannya. Waktu penyemprotan dilakukan pada pukul 06.00-07.00 atau pukul 17.00-18.00

loading...
Jenis Bakteri Yang Sering Menyerang Bunga Anggrek | Penulis | 4.5