Jenis Bunga Anggrek Hibrida

Jenis Bunga Anggrek hibrida.Bunga anggrek sangat mudah bersilang, baik secara alami maupun buatan. Sampai saat ini, telah banyak macam silangan anggrek yang dihasilkan oleh para pemulia anggrek. Anggrek hasil silangan tersebut dikenal sebagai anggrek hibrida.

Aggrek hibrida memiliki bentuk dan warna bunga yang lebih menarik. Persilangan anggrek ada tiga macam, yaitu spesies hibrida (species hybrid), hibrida interspesifik (interspesific hybrid), dan hibrida intergenerik (intergeneric hybrid).

Merupakan anggrek hibrida yang paling sederhana yang diperoleh dari hasil persilangan antar varietas dalam satu spesies. Misalnya anggrek hasil silangan antara phalaenopsis violacea Varalba dengan Phalaenopsis violacea var bowringiana.jenis bunga anggrek hibrida

Baca Juga:

Jenis anggrek hibrida interspesifik merupakan gabungan sifat-sifat baik yang dominan dari dua jenis spesies dalam satu marga yang saling bersilangan. Anggrek Phalaenopsis rothschildiana merupakan hasil kawin silang antara Phalaenopsis schilleriana dengan Phalaenopsis amabilis.

Artikel terkait

Persilangan hibrida intergenerik dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu persilangan bigeneric (bigenerik), yaitu anggrek hibrida hasil silangan antara dua spesies dari dua marga anggrek yang berbeda, dan persilangan multigenerik (multigeneric), yaitu anggrek hibrida yang berasal dari silangan antara tiga atau lebih marga anggrek yang berbeda.

Anggrek hasil silangan multigenerik yang yang terdiri dari tiga marga disebut trigenerik (trigeneric), dan jika terdiri dari empat marga disebut tetrageneric (tetrageneric).

  • Hibrida bigenerik

Salah satu jenis anggrek bigenerik adalah Arachnopsis atau disingkat Arnps (Arachnis x Phalaenopsis). Di Indonesia banyak contoh hibrida bigenerikantara lain Aranda (Arachnis x Vanda), Ascocenda (Ascocentrum x Vanda).

  • Hibrida trigenerik

Di Indonesia telah populer anggrek hibrida trigenerik Mokara hasil silangan dari Ascocenda (Acocentrum x Vanda) dengan Aranda (Arachnis x Vanda). Jadi anggrek Mokara merupakan persilangan dari tiga spesies dari tiga genus yaitu Ascocentrum, Arachnis, dan Vanda.

  • Hibrida tetragenerik

Anggrek Potinara merupakan hasil silangan multigenerik antar spesies dari marga   Brassavola, Laelia, Cattleya, dan Sophronitis.

loading...
Jenis Bunga Anggrek Hibrida | Penulis | 4.5