Jenis Bunga Anggrek Yang Memiliki Batang Pendek

Phalaenopsis mariae merupakan Jenis Tanaman Bunga anggrek yang memiliki berbatang pendek. Daunnya tersusun berjajar menutupi batang. Daun tampak memanjang seperti lidah dengan warna hijau gelap mengilat, tebal, berdaging, dan biasanya melengkung. Panjang daun dapat mencapai 30 cm dan lebar 7 cm. Bagian ujung daun berbentuk lancip atau tumpul.

Phalaenopsis mariae berbunga elok, berdaging tebal, berdiameter 4-5 cm. Kelopak dan mahkota bunga berwarna putih atau krem dengan hiaan bercak besar berwarna merah tua sampai cokelat muda. Lidah bunga berwarna lembayung muda atau ungu. Sementara taju bunga berwarna putih dengan bagian pangkal berwarna ungu.images (16)

Sementara taju bunga berwarna putih dengan bagian dengan bagian pangkal berwarna ungu. Bunga tersebut tersusun pada tangkai bunga sederhana atau bercabang yang muncul dari samping batang dengan posisi menggantung atau terkulai. Panjang tangkai bunga lebih pendek dari daun.

Baca Juga:

Phalaenopsis pantherina

Phalaenopsis pantherina banyak terdapat di Pulau Kalimantan dan Malaysia. Sesuai dengan namanya, bunga Phalaenopsis pantherina memiliki mahkota dan kelopak berwarna kuning dengan variasi titik-titik merah sampai cokelat tua. Mahkota bunga runcing atau bulat panjang pada bagian ujungnya. Warna bagian tengah mahkota lebih terang dibandingkan dengan bagian ujung.

Bunga menempel pada tangkai yang tumbuh di bawah daun dengan posisi tegak. Bunga berbentuk seperti bintang, berdaging, dan berlapis lilin di permukaanya. Lidah bunga berdaging dengan warna dasar kuning.

Daun Phalaenopsis pantherina berukuran besar dan berbentuk bulat panjang dengan bagian ujungnya runcing atau tumpul. Daun anggrek ini berwarna hijau gelap dengan permukaan halus dan tidak bergerigi.

Phalaenopsis maculata

Artikel terkait

Phalaenopsis maculata termasuk tanaman epifit berakar banyak dan berbatang pendek yang tertutup oleh pelepah daun. Daunnya berjumlah 2-3 helai, berdaging, berbentuk bulat panjang sampai bulat, dan runcing pada bagian ujungnya. Panjang mencapai 15-21 cm dan lebar 2,5-4 cm.

Bunga spesies ini berukuran kecil dan menempel pada tangkai bunga. Jumlah bunga pada tangkai tersebut hanya sedikit, sekitar 5-7 kuntum per tangkai. Tekstur bunga Phalaenopsis maculata ini lembut.

Kelopak dan mahkota bunga berwarna putih sampai krem pucat dan bersemburat hijau dengan variasi garis ungu tua atau merah kecokelatan di bagian dalam. Lidah bagian samping bulat panjang sampai bulat dengan bagian ujungnya tajam. Panjang lidah bunga 1,3-1,8 cm dan lebar 0,4-0,6 cm.

Lidah bunga berwarna ungu tua, berdaging, tidak berambut, dan tidak bertulang. Kelopak bunga berbentuk bulat panjang, bagian ujung tumpul atau tajam, panjang 1,3-1,5 cm, dan lebar 0,5-0,6 cm. Mahkota bunga berbentuk bulat panjang, bagian ujung tumpul atau runcing, panjang mencapai 1.2 cm, dan lebar 0,4 cm.

Phalaenopsis modesta

Phalaenopsis modesta merupakan anggrek asli Kalimantan dan termasuk anggrek epifit. Akarnya berdaging dan berbentuk bulat. Batangnya pendek yang biasanya tertutup oleh pelepah daun. Daunnya berdaging dan berbentuk bulat panjang dengan bagian ujungnya tajam atau tumpul. Panjang daun 11-15 cm dan lebar 4-6 cm. Dalam satu pohon terdapat daun sebanyak 1-4 helai. Selain daun utama, setiap pohon juga terdapat anak daun yang tumbuh di bagian bawah.

Phalaenopsis modesta berbunga indah dengan bentuk sepertiĀ  bintang. Bunga tersebut terdiri dari dua helai mahkota bunga dan tiga helai kelopak bunga. Bunganya tersusun pada tangkai bunga dengan jumlah hanya beberapa kuntum saja, sekitar 3-5 kuntum per tangkai.

Mahkota dan kelopak bunga berwarna putih atau merah pucat dengan variasi garis ungu bergradasi hijau. Mahkota bunga berbentuk bulat panjang atau bulat, tajam pada bagian ujung, dan biasanya lebih pendek daripada kelopak bunga.

Panjang mahkota bunga sekitar 1,1-1,5 cm dan lebar 0,4-0,5 cm. Sementara kelopak bunga berbentuk bulat panjang atau tajam dengan panjang 1,2-1,5 cm dan lebar 0,5-0,8 cm. Lidahnya berwarna putih dengan paduan warna ungu pada tangkai lidah dan kuning pada bagian samping.

loading...
Jenis Bunga Anggrek Yang Memiliki Batang Pendek | Penulis | 4.5