Jenis Dan Ragam Spesies Bunga Philodendron

Jenis dan ragam spesies bunga Philodendron-Warna daun philo yang mengilap seolah memberikan kesan ekslusif. Philo berdaun perak (Philodendron hastatum) seperti logam memiliki efek kemilau yang sangat memukau sehingga dapat menenangkan hati.

Memang masih ada jenis philo lain yang daunnya berbaur dengan hijau sehingga membuat penampilan menjadi kelabu/agak gelap.

Ada juga warna daun yang sebenarnya kelabu, tetapi disebut juga daun perak (Philodendron ”Black cardinal”). Penampilan daunnya yang indah, apalagi mengilap dapat digunakan untuk mendekor ruangan.

Baca Juga:

Meskipun tampil menarik, philo berdaun perak belum seeklusif dengan jenis hasil mutasi (variegata). Yang ini terjadi karena ada kelainan sehingga menjadi langka. Saat ini terdapat 500 spesies, bahkan lebih yang tersebar di berbagai belahan dunia.Jenis Dan Ragam SpesiesBunga Philodendron

Panduracforme

Bentuk daunnya seperti kepala kuda. Pada bagian pangkal besar lalu mengecil di ujungnya. Oleh karenanya, philo ini disebut dengan horsehead philodendron. Daunnya berwarna hijau segar. Jenis ini termasuk tipe memanjat/merambat dengan tajuk tinggi dan berukuran besar.

Philo ini cocok dirambatkan di batang pohon. Kalau ingin ditanam di pot, tanaman ini membutuhkan tempat merambat terbuat dari sabut kelapa atau ijuk. Tanaman ini relatif tahan di ruangan selama seminggu.

Erusbescens

Philodendron ini termasuk tipe merambat. Tanaman ini disebut juga sebagai philo berdaun merah karena mempunyai warna hijau gelap di permukaan daun merah dan erah/tembaga dibagian bawah daun. Daunnya berbentuk bulat lonjong meruncing seperti tombak.

Artikel terkait

Tangkai daun agak panjang tersusun kompak pada batangnya yang pendek dengan posisi tegak atau setengah tegak. Tanaman ini tahan di ruangan selama seminggu.

Imbe

Philodendron ini termasuk tipe pemanjat sehingga dapat dirambatkan pada batang hingga menjulang ke atas. Sososknya hampir sama dengan Philodendron williamsii. Bedanya, williamsii lebih kaku, imbe lebih lembut. Daya tarik utamanya pada warna daun tua dan muda.

Pucuk daun berwarna hijau kuning, kemerahan, lalu hijau gelap pada saat tua. Daunnya ramping bergelombang pada bagian pinggir karena keindahan daunnya bisa digunakan sebagai daun potong.

bergundy

Philodendron ini termasuk tipe pemanjat dan tumbuh keatas. Daunnya lebar berwarna hijau tua. Pada umumnya tanaman ini dirambatkan di pohon untuk membuat tanaman lebih asri.

Kalau ditamam di pot butuh rambatan terbuat dari ijuk. Tanaman ini membutuhkan ruangan yang cukup lebar karena sosoknya yang besar.

williamsii

Philodendron ini termasuk tipe merambat, meski pertumbuhannya agak lambat. Daunnya hijau, panjang dan berombak pada bagian tepinya dengan tulang daun agak kemerahan. Ukuran daunnya lebar.

Nilai kelangkaannya tinggi bula berdaun kecil karena termasuk jarang. Daunnya yang indah banyak dimanfaatkan sebagai daun potong. Karena berukuran besar sebaiknya diletakkan di sebuah pot besar. Tanaman ini cocok ditempatkan di teras atau ruangan yang agak besar.

williamsii ‘Giant’

Ketika besar, philo ini memiliki daun yang besar. Warna daun hijau gelap mengilap. Garis-garis tulang daun jelas. Karena berukuran besar, tanaman ini biasanya diletakkan di sudut ruangan agak lebar atau teras untuk menyambut tamu yang masuk.

loading...
Jenis Dan Ragam Spesies Bunga Philodendron | Penulis | 4.5