Jenis-Jenis Tanaman Yang Bisa Dijadikan Bonsai

Banyak jenis-jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai.Pemilihan jenis tanaman yang tepat berhubungan erat dengan bakalan bonsai yang akan dipelihara. Ada ciri-ciri tertentu yang harus dimiliki tanaman agar bisa disebut bonsai. Tunggul yang dijadikan elemen taman tentu saja tidak terlalu menuntut kriteria tertentu. Asalkan bagus dan unik, tunggul banyak ditanam orang untuk menambah indah tamannya secara keseluruhan.images (12)

Ciri-ciri tanaman yang cocok dibonsai

Secara umum tanaman yang akan dibonsai harus memnuhi syarat sebagai berikut:

Baca Juga:
  • Tergolong tanaman dikotil

Tanaman dikotil atau berkeping dua rata-rata berbentuk pohon. Jenis ini ideal untuk dijadikan bonsai daripada jenis monokotil. Tanaman yang tergolong semak atau perdu kurang bagus dijadikan bonsai. Memang ada tanaman monokotil yang bisa dikerdilkan, seperti kelapa puyuh, kelapa gading, atau bambu. Namun, kebanyakan tidak disebut bonsai sejati.

  • Berumur panjang

Tanaman yang berumur panjang ideal dijadikan bonsai, sedangkan tanaman tahunan atau semusim tidak cocok. Karena bonsai merupakan seni yang terus tumbuh, maka diharapkan tanamannya bisa bertahan puluhan hingga ratusan tahun.

  • Tahan hidup menderita

Jenis tanaman yang manja tidak cocok dijadikan bonsai. Tanaman harus tahan terhadap wadah yang sempit dan terbatas. Syarat ini menuntut tanaman bisa hidup terus dengan sedikit makanan dan perkembangan akar serta batang yang seadanya.

  • Bentuknya indah secara alami

Daya tarik alami suatu pohon akan menambah daya tarik bonsai, entah itu bentuk batang, kulit batang, akar, daun, bunga, atau buahnya. Dengan training keindahan tanaman akan lebih proporsional dan tampak.

Artikel terkait
  • Tahan training atau dibentuk secara paksa

Beberapa teknik yang dilakukan untuk mendapatkan penampilan tanaman yang baik sebenarnya merupakan siksaan bagi tanaman itu sendiri. Tanaman yang tidak tahan akan mengalami kematian. Untuk dapat menjadi bonsai, tanaman dituntut memiliki sifat tahan training atau bentukan secara paksa. Tanaman harus tahan menerima teknik pemahatan, pengawatan, dan pemangkasan berat.

Meskipun syaratnya berat, tetapi banyak tanaman yang dapat memenuhi syarat tersebut. Indonesia yang beriklim tropis cukup beruntung dikaruniai banyak pohon yang bisa dijadikan bonsai. Jenisnya pun cukup beragam dengan keindahan masing-masing.

Jenis tanaman yang cocok diambil tunggulnya, misalnya:

asam, asam kranji, beringin, cantigi laut, cemara, landepan, mustam, pilang, pinus, serut, delima, duwet, jeruk kingkit, kawista batu, kembang jepun, siantho atau dewandaru, sisir atau kaliage, trenggulun, ulmus, wareng.

Jenis tanaman yang cocok dijadikan bakalan bonsai dengan cara penyemaian atau penanaman biji:

Delima, duwet, kemuning, kembang jepun, kupa cina, murbei, siantho, mustam, nam-nam, trenggulun, kawista batu, black pine, cemara, asam, jambu biji, sawo, buni.

Jenis tanaman yang cocok dijadikan bakalan bonsai dengan cara penyetekan.

cantigi, cemara, ficus, pusaka, melati kosta, azalea, bugenvil, sisir, ulmus, wareng, jambu biji, murbei.

Jenis tanaman yang cocok dibuat bakalan bonsai dengan cara pencangkokan

beringin, cantigi, cemara, wareng.

Jenis tanaman yang cocok dijadikan mame bonsai atau bonsai sangat mini

Minten, beringin, beringin karet, cemara buaya, cemara duri, cemara papua, serut pagar, ulmus.

loading...
Jenis-Jenis Tanaman Yang Bisa Dijadikan Bonsai | Penulis | 4.5