Jenis Spesies Anggrek Phalaenopsis Fuscata

Jenis Spesies Bunga Anggrek ini ditemukan di Kalimantan dan Filipina. Phalaenopsis fuscata termasuk tanaman epifit yang berbatang pendek tertutup pelepah daun. Daunnya lebar, bengkok dari pangkal hingga ujung, berbentuk bulat panjang, dan tajam pada bagian ujungnya. Panjang daun 30 cm dan lebar 10 cm.

Bunga menempel pada tangkai bunga sederhana atau bercabang. Dalam satu tangkai bunga terdapat 12 helai bunga atau lebih. Bunga berdaging dan mekar per bagian. Kelopak dan mahkota bunga berwarna kuning dengan variasi warna cokelat pada bagian tengah. Kelopak bunga berbentuk oval atau oval elips dengan panjang 14-17 mm dan lebar 7-10 mm.images (16)

Sementara mahkota bunga berbentuk bulat panjang atau elips dan tajam pada bagian ujung dengan panjang 12-15 m dan lebar 6-8 mm. Lidah bunga berdaging dan berwarna kuning dengan variasi warna cokelat pada permukaannya. Panjang lidah bunga 11-14 m.

Baca Juga:

Phalaenopsis tetraspis

Phalaenopsis tetraspis pertama kali dibudidayakan di Inggris. Spesies ini ditemukan di Pulau Amanda, yaitu wilayah perbatasan antara Thailand dan India bagian barat daya pada tahun 1893.

Anggrek ini memiliki keunikan tersendiri bukan hanya karena keindahannya, tetapi juga sejarahnya. Menurut catatan sejarah, Phalaenopsis tetraspis tidak diketahui lagi keberadaannya setelah pertama kali ditemukan. Kemudian pada tahun 1993 barulah spesies ini ditemukan kembali.

Artinya anggrek ini sudah menghilang selama 100 tahun baru ditemukan kembali. Sejarahnya itulah yang sudah memberikan daya tarik tersendiri bagi spesies ini sehingga banyak hobiis dan penangkar memburunya.

Phalaenopsis tetraspis memiliki ciri yang tidak jauh berbeda dengan Phalaenopsis speciosa. Perbedaan utamanya terletak pada bunga yang berwarna putih atau putih berbaur hijau pudar dihiasi garis melintang atau titik berwarna ungu. Warna ini tampak jelas pada mahkota dan kelopak bunga.

Phalaenopsis wilsonii

Artikel terkait

Phalaenopsis wilsonii terdapat di Cina (Yunnan dan Szechuan) serta Tibet bagian timur. Di habitat aslinya, Phalaenopsis ini hidup pada pohon di atas sungai dan di batu.

Anggrek ini termasuk tumbuhan epifit serta berakar banyak, padat, dan rapat. Batangnya sangat pendek, panjang sekitar 1 cm. daun berwarna hijau, bulat panjang, dan tajam pada bagian ujungnya. Panjnag daun mencapai 2,5 cm dan lebar 9 mm. Jumlah daun 3-5 helai per pohon. Biasanya daun akan hilang atau berkurang jumlahnya saat berbunga.

Phalaenopsis wilsonii memiliki bunga bertekstur lembut dan tipis. Kelopak dan mahkota bunga berwarna pink dengan variasi warna ungu pudar. Kelopak bunga berbentuk bulat panjang atau elips dan tajam atau tumpul di bagian ujung dengan panjang 18-22 mm dan lebar 6-8 mm.

Kelopak samping dan atas berukuran dan berbentuk sama. Mahkota bunga berbentuk elips atau bulat oval dengan bagian ujungnya tumpul atau bundar. Panjang mahkota bunga 15-21 mm dan lebar 6-9mm. Lidah bunga berwarna ungu sampai merah tua. Lidah bunga tersebut terdiri dari tiga bagian dengan jarak antar-bagian 12-20 mm.

Phalaenopsis viridis

Phalaenopsis viridis merupakan spesies asli Indonesia, tepatnya berasal dari Sumatera. Sebagai tumbuhan epifit, spesies ini berakar banyak dan berdaging. Batangnya sangat pendek dan tertutup pelepah daun. Daun berwarna hijau mengilat, berbentuk bulat panjang atau elips, dan berujung tajam atau tumpul. Dalam satu pohon terdapat 2-4 helai daun yang panjangnya 30 mm dan lebar 8 cm.

Bunga Phalaenopsis viridis berdaging, mekar per bagian, dan biasanya mampu berbunga lebih dari 7 kuntum. Bunganya tersebut tersusun pada tangkai bunga sederhana yang berjumlah 1-2, kadang bercabang. Panjang tangkai bunga mencapai 40 cm.

Ciri utama Phalaenopsis viridis terletak pada warna bunganya. Mahkota dan kelopak bunga berwarna hijau kekuningan dengan variasi blok atau titik merah kecokelatan. Kelopak bunga berbentuk bulat panjang atau elips tumpul dengan panjang 15-20 mm dan lebar 7-9 mm. Mahkota bunga berbentuk elips atau elips oval dan tajam dengan panjang 12-16 mm dan lebar 5-8 mm.

Bagian tugu dan lidah bunga berwarna putih dengan variasi empat garis warna ungu violet yang masing-masing dua garis pada tiap sisinya. Lidah bunga terdiri atas tiga bagian dan berdaging. Tugu bunga berdaging dan berbentuk silinder dengan panjang mencapai 8 mm.

loading...
Jenis Spesies Anggrek Phalaenopsis Fuscata | Penulis | 4.5