Jenis Tanaman bonsai Yang Memiliki Harga Tinggi

Berikut ini jenis tanaman bonsai yang memiliki harga tinggi serta sangat unik dan langka budidayanya.jika tanaman di bawa di jadikan bonsai,bisa dipastikan akan memiliki nilai ekonomi serta keunikan yang bisa kagum orang melihatnya.berikut penjelasanya.images (16)

Minten

Meskipun banyak dijadikan sebagai tanaman pagar di kampung-kampung, minten sesungguhnya berpotensi sebagai bakalan bonsai yang baik. Bunganya kebanyakan muncul secara tunggal. Sedangkan daunnya berbentuk oval dengan pinggiran bergerigi tajam seperti duri. Permukaan daunnya mengilap. Rantingnya tipis dan lurus. Tanaman ini berasal dari India Barat.

Baca Juga:

Murbei 

Walaupun banyak dijumpai tumbuh liar di Indonesia sesungguhnya tanaman ini berasal dari daratan Cina. Bentuk daunnya ada yang bulat dan ada yang menjari lima. Warna buahnya yang masak merah menarik dengan permukaan yang bertonjolan kecil-kecil. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Jepang. Budidayanya bukan bertujuan diambil buahnya, melainkan diambil daunnya sebagai pakan ulat sutera.

Mustam

Bonsai mustam enak dilihat secara keseluruhan. Batangnya gagah. Daunnya juga menarik, berwarna hijau segar. Tanaman buah yang satu ini berkerabat dekat dengan kesemek. Tanaman ini bisa hidup baik di daerah tinggi dan lembab. Bila ditanam di dataran rendah, tanaman ini sulit berbuah. Mustam kemungkinan besar berasal dari daratan cina.

Nam-nam

Keunikan bonsai nam-nam terlihat pada daunnya. Saat masih muda warnanya putih atau merah. Setelah tua warnanya menjadi hijau. Daun ini berbaris dua-dua. Buahnya berupa polong berbentuk elips hingga agak melingkar. Tanaman ini memiliki nama lain buah kepel atau puki anjing. Asal usul nam-nam kemungkinan besar dari India.

Pilang

Tanaman pilang banyak tumbuh subur di daerah dengan ketinggian sekitar 500 m dpl. Kulit batangnya berwarna kelabu kehijauan. Batang yang telah tua berbintik-bintik. Pohonnya besar dan berwibawa. Umur tanamannya pun cukup fantastis, bisa bertahan hidup sampai satu abad. Meskipun batangnya besar, tetapi daun pilang berukuran mungil, lunak, dan tipis.

Bila diperhatikan sekilas mirip daun pohon asam yang sedang “tidur”. Satu hal yang perlu diperhatikan untuk pilang ialah jangan membuat tanaman ini menjadi bonsai bergaya batang mati. Kayunya yang terbuka gampang lapuk. Famili akasia ini di Indonesia memiliki nama lain kabesa.

Pinus

Tanaman yang berbatang ramping dan lurus ini cocok hidup di daerah dengan ketinggian 250-2.000 m dpl. Daerah Sumatera diduga merupakan habitat aslinya. Pinus yang liar banyak hidup di hutan-hutan pegunungan. Keunikannya terletak pada daunnya yang berbentuk jarum. Daun ini harus dipangkas agar tidak terlalu panjang. Pangkal daunnya memiliki sisik tipis. Sedangkan buahnya pipih berbentuk kerucut.

Rukem

Artikel terkait

Batang tanaman rukem memiliki ranting yang bertonjolan tidak rata, dan berduri. Itulah sebabnya sewaktu training duri rukem dibuangi. Daunnya juga unik, berbentuk oval dan meruncing panjang. Warna daun muda cokelat kemerahan, setelah tua berubah menjadi merah hijau. Buah rukem muda berwarna hijau dan berubah menjadi merah atau keunguan bila sudah masak. Tanaman rukem yang banyak ditemukan tumbuh liar di hutan-hutan ini merupakan tanaman asli Indonesia.

Serut

Bakalan bonsai atau tunggul taman yang sedang in sekarang ini salah satunya adalah serut. Tanaman dataran rendah ini memiliki batang berwarna putih. Batangnya yang tidak rata dan penuh tonjolan justru merupakan salah satu daya tarik. Daun serut kecil-kecil, tetapi tebal. Salah satu kekhasan serut adalah ujung rantingnya memilki kecendrungan tumbuh melengkung. Untuk mengatasinya, ujung ranting harus sering dikawati. Di Asia Tenggara tanaman serut banyak tumbuh liar.

Siantho

Bila dijadikan bonsai, tanaman ini memiliki daya tarik tersendiri. Siantho termasuk salah satu jenis tanaman yang banyak dimilki kolektor bonsai. Bentuk dan warna daunnya cukup unik dan buahnya cukup mempesona. Daunnya berbentuk hati, agak besar, dan mengilap. Pertumbuhan daun siantho tergolong cepat hingga harus rajin dipangkas. Bonsai siantho gampang berbuah. Bentuk buahnya bulat bersegi delapan. Sewaktu masih muda hijau, lantas berubah menjadi kuning, dan akhirnya merah. Nama lain tanaman ini adalah dewandaru atau cermai belanda. Sebagai bonsai yang berbuah siantho tergolong ideal.

Sisir

Sisir memilki kayu keras dan gampang keropos. Karena itu, sisir tahan terhadap pahatan pada kayunya. Walaupun daunnya berukuran kecil, tetapi cukup tebal. Batangnya berduri dan rantingnya kokoh. Secara keseluruhan penampilan sisir cukup mempesona sehingga termasuk jenis tanaman yang banyak diburu kolektor bonsai.

Trenggulun

Bonsai trenggulun unik karena berbatang bengkok dan bercabang rendah. Batangnya bisa tumbuh besar sekali. Kulit buahnya mengandung sejenis minyak atsiri yang berbau harum. Isi buahnya bisa dimakan. Trenggulun kurang menyukai daerah yang terlalu tinggi. Tanaman ini masih toleran terhadap ketinggian kurang dari 500 m dpl.

Ulmus 

Tanaman berkayu keras ini memiliki percabangan yang banyak. Batang utamanya besar dan kokoh serta tahan pahatan. Daunnya lebar dan berukuran agak besar. Tanaman ini toleran tehadap lingkungan dan iklim. Di Indonesia ulmus tumbuh liar di pantai utara dan selatan Pulau Jawa. Penampilan ulmus sebagai tanaman kerdil di dalam pot banyak disukai orang yang melihatnya.

Wareng 

Tanaman ini sering dijadikan pagar hidup di kebun. Batangnya yang berduri dengan percabangan yang rapat sulit ditembus oleh binatang atau manusia. Sebagai bonsai yang ditanam di dalam pot wareng malah terlihat bagus. Salah satu bonsai Indonesia yang mendapat penghargaan internasional adalah dari jenis wareng. Daun wareng berwarna hijau segar, dan berbentuk menyudut atau menjari tiga.

Sekilas penampilan daun wareng mirip trident maple yang banyak dijadikan bonsai di daerah subtropis. Wareng hanya bisa tumbuh baik di daerah dengan ketinggian kurang dari 500 m dpl. Negara-negara di kawasan tropis lain seperti Malaysia, Hawai, Thailand, dan Australia belum memanfaatkannya sebagai bahan bonsai.

loading...
Jenis Tanaman bonsai Yang Memiliki Harga Tinggi | Penulis | 4.5