Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Dijadikan Bonsai

Berikut ini gambaran beberapa jenis tanaman buah yang bisa dijadikan bonsai.dengan menggunakan tanaman ini,kita bisa menjadikan bonsai yang unik serta sangat bagus jika pasang di ruangan rumah kita.berikut ini tanaman yang bisa di jadikan bonsai.images (14)

Cempaka Kuning.

Tanaman ini berupa pohon yang kokoh dan berwibawa. Jangan keliru dengan perdu yang bernama cempaka kembang. Cempaka kuning atau sering disebut juga kantil batangnya jauh lebih besar. Cempaka kuning berasal dari India. Di Pulau Jawa banyak ditanam untuk diambil bunganya karena berbau harum dan digunakan untuk nyekar.

Baca Juga:

Delima

Sebagai tanaman buah yang dijadikan bonsai sebenarnya delima kurang ideal. Di dalam pot tanaman ini bisa kerdil, tetapi sulit berbuah. Seandainya berbuah, ukuran tanamannya kurang mungil unutk bonsai. Namun, penampilan tanamannya kurang mungil untuk bonsai. Namun, penampilan tanamannya yang berbatang duri dengan daun yang mungil memang cukup indah. Untungnya kayu delima juga cukup keras sehingga menambah nilainya sebagai tanaman buah yang dibonsaikan. Delima merupakan tanaman dataran rendah.

Duwet

Tanaman yang satu ini memiliki daun bulat lebar memanjang. Duwet berbatang kokoh. Banyak ditemukan tumbuh secara liar di hutan-hutan. Buahnya yang muda berwarna hijau dan berubah menjadi ungu bila dimasak. Di Indonesia banyak juga yang menyebutnya juwet atau jamblang.

Jambu biji

Jambu biji merupakan tanaman yang gampang berbuah walaupun dibonsai. Warna buah mudanya hiaju tua dan berbuah menjadi hijau muda atau kekuningan bila sudah masak. Batangnya licin berwarna cokelat terang.

Jeruk kingkit

Kerabat jeruk ini merupakan perkecualian karena bagus bila dibonsaikan, tidak seperti jenis jeruk lainnya. Kelebihan jeruk kingkit terletak pada penampilan batangnya yang bisa beralur dan mengesankan tua. Batang ini berwarna putih. Sedangkan warna daunnya hijau tua. Daun jeruk kingkit menyebarkan aroma yang khas karena mengandung kelenjar minyak yang transparan.

Kaca piring

Artikel terkait

Bonsai berbunga yang satu ini tak kalah menariknya dengan tanaman berbunga yang lain. Warna bunganya putih kehijauan dan baunya harum. Ada lapisan hars mengilap yang menutupi daun dan ranting tanaman yang masih muda. Kaca piring toleran terhadap ketinggian tempat sehingga gampang tumbuh di mana saja. Kaca piring berasal dari Cina dan Jepang.

Kawista

Tanaman yang dikenal juga dengan nama buah batu ini cukup unik. Buahnya berbentuk bulat penuh, keras, dan berkulit tebal. Daun berbentuk bulat telur, tetapi memanjang. Ukuran daunnya kecil-kecil sehingga serasi bonsai. Tanaman ini banyak tumbuh liar terutama di dataran rendah dekat pantai hingga pedalaman yang kering. Bila tidak berubah penampilannya mirip tanaman sisir.

Kembang jepun

Tanaman tropis satu ini terkenal toleran terhadap kekeringan. Di daerah-daerah kering tanaman ini banyak dijumpai hidup liar. Perdu mirip pohon ini bagus juga dijadikan bonsai. Bunganya berbentuk lonceng. Berbau sangat harum sehingga banyak diambil manusia untuk dijadikan parfum. Kembang jepun menghasilkan buah polongan yang banyak bijinya sehingga bisa diperbanyak dengan cara menyemai biji tersebut. Adapun nama lainnya adalah pung atau kembang nagasari.

Kemuning 

Bonsai tanaman ini bisa disebut bonsai berbunga atau bonsai berbuah, keduanya ama-sama mmenarik. Bunga kemuning berwarna putih dan sangat harum. Sedangkan buahnya berbentuk telur kecil-kecil, yang mdua berwarna hijau dan berubah menjadi merah setelah tua. Batang kemuning berwarna keputihan dan berkesan tua. Dijadikan mema bonsai atau bonsai berukuran sedang daya tarik tanaman ini tetap memukau.

Landepan

Batang landepan berkayu keras dan berwarna putih keperakan. Tanaman ini berduri dengan cabang yang merentang ke samping. Daun landepan berukuran kecil, tetapi tebal. Landepan memiliki pertumbuhan yang sangat lambat. Daya tariknya sebagai bonsai antara lain terlihat pada akarnya yang tumbuh besar dan menonjol. Selain ditanam sebagai individu, bonsai landepan yang bergaya grouping juga enak dilihat.

Maja

Kerabat dekat jeruk ini batangnya memiliki ranting berduri. Daunnya tersusun dari beberapa anak daun dan bentuknya bulat telur. Tanaman ini sering dikelirukan dengan maja pahit atau bernuk yang buahnya besar dan sering dipakai sebagai tempat menyimpan air.

loading...
Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Dijadikan Bonsai | Penulis | 4.5