Jenis tanaman Hias Yang Bisa Diperbanyak

Jenis tanaman hias yang bisa di perbanyak.Tanaman hias amat beragam dalam jenis. Namun, tidak semua tanaman hias layak diperbanyak secara komersial. Syarat suatu tanaman hias layak diperbanyak secara komersial yaitu sebagai berikut.

Artikel terkait
  1. Tanaman tidak mudah diperbanyak atau tidak banyak orang mengetahui mengenai cara perbanyakan tanaman tersebut. Apabila tanaman tersebut mudah diperbanyak, artinya tanaman tersebut mudah jatuh. Tanaman dengan harga jual. Tanaman dengan harga jual yang rendah amat tidak ekonomis untuk diperbanyak oleh usaha perbanyakan tanaman hias skala kecil.
  2. Tanaman harus memiliki daya ‘hipnotis’ yang tinggi.Artinya, secara fisik tanaman tersebut memiliki keragaan yang indah daya tarik. Dengan demikian, pada saat pertama melihat konsumen tidak tahan untuk tidak membelinya. Tanaman anthurium ‘Wave of love’ dan mandevilla bisa dijadikan contoh baik.
  3. Tanaman memiliki catatan harga yang baik. Artinya, dari dahulu sampai saat ini, tanaman tersebut memiliki nilai jual yang baik. Bahkan, varietas-varietas terbaru dari tanaman tersebut memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari varietas yang sudah ada dipasaran sebelumnya. Contoh tanamannya antara lain aglaonema dan anggrek. Harga ke dua tanaman tersebut relatif stabil di pasaran.jenis tanaman hias yang bisa di perbanyak
  4. Tanaman harus mudah dipelihara. Tanaman yang sulit dipelihara akan mudah mengecewakan konsumen. Jika sedikit salah perawatan, tanaman yang menjadi mati atau rusak sehingga dapat membuat konsumen jera membeli tanaman. Jika tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik, konsumen tidak akan jera meembeli tanaman atau bahkan mungkin akan semakintergila-gila pada tanaman. Apabila memang akan menumbuhkan tanaman yang membutuhkan perawatan yang sedikit sulit, sebaiknya memberikan pembelajaran kepada konsumen mengenai cara perawatan tanaman tersebut baik dalam bentuk lisan atau tulisan (stiker atau booklet).
  5. Tanaman memiliki keragaman varietas yang tinggi. Keragaman varietas membuat konsumen tidak mudah jenuh dengan tanaman tersebut. Varietas baru dari suatu jenis tanaman sering kali membantu menjaga kestabilan harga tanaman tersebut.

Tanaman yang memenuhi kelima kriteria tersebut amat layak dijadikan sebagai bahan perbanyakan komersial. Untuk usaha tanaman hias kecil, tidak disarankan untuk memperbanyak tanaman hias yang memiliki masa jual yang singkat seperti cabai hias, kastuba, atau krisan karena tanaman akan tumbuh melebihi ukuran standar layak jual (over growth) dan tidak layak untuk di jual setelah lewat masa jual.

Baca Juga:
loading...
Jenis tanaman Hias Yang Bisa Diperbanyak | Penulis | 4.5