Jenis Tanaman Yang Sangat Bagus Dijadikan Bonsai

Berikut ini jenis tanaman yang sangat bagus dijadikan bonsai.tanaman bonsai akan sangat cocok dan memiliki keindahan apabila kita buat menggunakan tanaman yang memang cocok dan serasi jika kita jadikan tanaman bonsai.berikut gambaranya.images (13)

Asam Jawa 

Daya tarik asam jawa bila dibonsai terletak pada batang dan daunnya. Buahnya jarang muncul bila tanaman ini dibonsai. Decakan kagum akan di dapat seandainya bonsai tanaman ini berubah. Warna daun yang hijau muda dengan susunan yang rapi jarang dimiliki tanaman lain. Ukuran daunnya pun kecil kecil. Bila gelap, daunnya “tidur”. Tekstur kulit batang asam indah dan berkesan tua karena berbelah-belah. Tanaman ini cocok hidup di dataran rendah seperti Jakarta. Daerah dingin dan tinggi seperti Bandung dan Puncak kurang disukai. Dahulu tanaman ini sering dijadikan sebagai peneduh jalan. Para pebonsai di Indonesia rata-rata memiliki bonsai tanaman asam.

Baca Juga:

Asam Kranji 

Asam kranji berdaun kecil dan tipis. Daya tahannya untuk hidup di segala macam iklim dan tanah memungkinkan penyebaran yang cukup luas. Dengan kulit yang keriput dan berkesan tua, asem kranji menjadi bonsai yang berpenampilan bagus.

Asam londo 

Asam lando bukan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini didatangkan dari daratan Amerika tropis. Warna daun asam londo lebih tua dibanding asam jawa. Batangnya yang bisa besar dan kokoh menunjang penampilan asam londo sebagai bakalan bonsai.

Azalea 

Bonsai azalea banyak disukai orang Cina dan Jepang yang memang merupakan tempat asalnya. Daya tarik utama terletak pada bunganya yang merah ungu dan sangat menawan. Walaupun bagus dijadikan bonsai, sesungguhnya azala adalah tanaman perdu. Sayang, di Indonesia tak banyak daerah yang cocok. Azalea menyukai daerah tinggi dan lembap. di daerah Lembang dan Puncak pun bunga azalea tak selebat dan sebanyak seperti di Jepang.

Beringin 

Tanaman ini banyak ditemui di Indonesia. Daunnya hijau mengilap dan memiliki akar sulur. Sebagai bonsai tanaman ini tergolong bagis. Bermacam-macam gaya bisa diterapkan padanya, bisa dibuat bonsai besar atau mame bonsai. Karena dianggap keramat dan berciri Indonesia, para penggemar bonsai yang tergabung dalam PPBI ingin menjadikannya sebagai bonsai khas Indonesia.

Beringin karet 

Artikel terkait

Tanaman ini masih kerabat dekat beringin. Penampilannya bagus dan unik sebagai bonsai. Daya tahannya hidup di tempar terbatas boleh dipuji. Sulur akarnya yang panjang dan menjuntai membuat beringin karet gampang dibuat bonsai bergaya exposed root. Beringin karet juga gampang dikerdilkan. Banyak yang menyebut beringin ini dengan nama lain, yaitu iprik.

Bougenvil 

Tunggul-tunggul bugenvil banyak dijual di daerah Cibodas, Jawa barat. Daya tarik utama terletak pada bunganya yang berwarna-warni mencolok. Kadang satu pohon bisa dipenuhi bunga begitu lebat. Warna bunga ada yang merah cerah, ungu, jingga, dan putih. Daunnya berbentuk hati dan batangnya memiliki banyak duri. Tanaman ini berasal dari Brazil.

Bunut 

Dibanding rata-rata keluarga Ficus lainnya, bunut memiliki batang yang lebih putih dan kurang keras. Sebagai bonsai penampilannya tak kalah bernilai. Daun bunut agak memanjang. Oleh karena itu, perlu teknik training unutk mengecilkan dan membulatkannya. Dengan tambahan akar yang menjuntai dari batangnya, bunut terlihat seperti tanaman tua yang kokoh. Nama lain dari bunut adalah lo.

Cantigi

Cantigi tergolong tanaman bakalan bonsai yang belum lama dikenal. Di Taiwan tanaman ini disukai sebagai bonsai. Jenis cantigi sendiri ada dua macam, yakni cantigi gunung dan cantigi laut, yang satu menyukai daerah ketinggian dan satunya menyukai daerah pantai. Cantigi gunung berbunga lebih besar dengan warna merah bagus. Cantigi laut biasanya lebih kerdil dan penampilan tanamannya lebih bagus sebagai bonsai. Untuk mendapat bonsai cantigi yang apik, daun-daunnya yang tumbuh berlebih harus rajin dipangkas.

Cemara buaya

Cemara gampang dijadikan bonsai. Keraba cemara tergolong banyak yang bagus. Cara perbanyakannya mudah, bisa dari biji, setek, atau cangkok. Tanaman ini menarik ditanam sendiri sebagai individu atau bersama-sama sebagai grouping. Dijadikan mame bonsai pun cemara buaya tetap menawan.

Cemara duri 

Dengan daun menyerupai jarum, cemara duri terlihat menarik. Untuk mengurangi panjang daun perlu dilakukan pemotongan. Pemotongan cukup dilakukan dengan tangan. Caranya, dicabut perlahan-lahan. Cemara berkayu keras ini sering dibuat bonsai bergaya batang patah. Rantingnya juga tahan dibuat seperti ranting mati.

Cemara udang

Cemara udang terkenal sebagai bakalan bonsai yang indah. Karena terlalu banyak pengemarnya, dikhawatirkan jenis ini mnjadi langka di habitat aslinya. Penampilan cemara udang ditopang oleh bonggolnya yagn besar dan berlekuk-lekuk menarik. Kayunya keras dan beralur indah. Ukiran atau jin sering ditambahkan pada batangnya. Keindahan batangnya ini ditunjang pula oleh daunnya yang segar dan tipis. Tanaman ini juga tahan terhadap kekeringan dan serangan hama dan penyakit. Dalam beberapa pameran bonsai, cemara udang seringkali menggondol juara.

loading...
Jenis Tanaman Yang Sangat Bagus Dijadikan Bonsai | Penulis | 4.5