Kasiat Dan Kandungan Gizi buah Mangga

Kasiat dan Kandungan Gizi buah Mangga-Kandungan gizi yang tinggi yang terdapat dalam mangga membuat buah ini sangat baik untuk memenuhi asupan gizi, vitamin dan mineral.

Bukan rahasia kalau buah nan lezat dan manis ini memiliki viatamin C yang cukup tinggi, oleh karena itu sangat baik untuk mencegah munculnya sariawan dan gusi berdarah. Selain itu, kandungan seratnya mampu melindungi tubuh dari penyakit saluran pencernaan.

Buah mangga selain bermanfaat sebagai buah meja juga memiliki kegunaan sebagai sumber zat gizi tubuh demi menunjang regenerasi sel tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dan kegunaan dari mangga.Kasiat Dan Kandungan Gizi buah Mangga

Baca Juga:
Artikel terkait
  1. Senyawa antioksidan pada mangga mampu melindungi tubuh dari risiko kanker usus besar, kanker payudara, leukemia, dan prostat. Senyawa dalam mangga yang berperan mencegah kanker di antaranya quercetin isoquercitrin, astragalin, fisetin, adam galat, dan methylgallat.
  2. Mangga memiliki kandungan serat yang tinggi, di antaranya pectin dan vitamin C. Keduanya berfungsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  3. Senyawa dalam mangga mampu membersihkan pori-pori dan menghilangkan jerawat pada kulit wajah, bisa dipakai secara internal maupun eksternal.
  4. Secangkir mangga memasok 25 persen nilai harian vitamin A yang diperlukan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi mangga sangat baik untuk kejernihan penglihatan dan mencegah mata kering.
  5. Kandungan asam tartrat, asam malat, dan asam sitrat dalam buah mangga membantu menjaga cadangan alkali tubuh.
  6. Daun mangga membantu menormalkan kadar insulin dalam darah. Indeks glikemik buah mangga juga relatif rendah (41-60). Sehingga, jika memakan mangga dalam jumlah tidak berlebihan, tidak akan berbahaya bagi kadar gula pada tubuh.
  7. Mangga juga kaya akan vitamin E yang dapat membantu meningkatkan gairah seks.
  8. Serat dalam mangga membantu kelancaran pencernaan dan sekresi hasil pencernaan.
  9. Mengolah mangga menjadi jus dan diminum saat cuaca panas, juga bermanfaat untuk mengurangi panas dalam.
  10. Jumlah vitamin C dan vitamin A yang cukup, ditambah 25 jenis karotenoid dalam mangga, dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.
loading...
Kasiat Dan Kandungan Gizi buah Mangga | Penulis | 4.5