Keindahan Bunga Hias Philodendron Penghias Rumah

Keindahan Bunga hias philodendron penghias ruangan-Pertama kali ditemukan di hutan tropis daerah Brazil, lalu juenis philodendron lain di jumpai di hutan-hutan tropis Amerika hingga Karibia, Bahama dan daerah kepulauan Atlantik.

Semakin luasnya daerah penemuan, menambah keragaman jenis indemik atau hanya terdapat pada suatu tempat saja, contohnya adalah P.platypetiolatum yang hanya di jumpai di Costa Rica.

Sejak tahun 2006, beberapa jenis philodendron hibrid Thailand membanjiri pasar tanaman hias tanah air. Philodendron sempat tren, tetapi hanya sebentar, lalu bertahan sampai penghujung tahun 2007. Hal itu karena pamor anthurium yang kuat mendesak philodendron turun tangga dari top chart jajaran tanaman hias tanah air.Keindahan Bunga Hias Philodendron Penghias Rumah

Baca Juga:

Sama Indahnya

Philodendron telah memahami kuatnya posisi anthurium sehingga dijuluki raja daun. Oleh karena itu guna mencuri peluang muncul varian-varian baru dengan yang lebih memfokuskan pada warna yang memikat.

Lihat saja, varian philodendron ‘Orange jus’ yang memiliki daya tarik pada warnanya. Varian lain muncul ‘Moon light’, ‘Sun light’, dan jenis hibrid lain. Bagi yang tertarik warna gelap, philodendron menawarkan ‘Black cardinal’ atau ‘Red emerald’. Meski produk lawas, P.zanadu dan P.selloum tetap dicari penggemarnya untuk ground taman.

Kalau ditilik cara hidupnya, jenis-jenis tersebut di atas umumnya tidak merambat sehingga cocok dijadikan pot plant. Bosan dengan jenis yang merambat, philodendron juga menyediakan jenis yang merambat.

Soal tongkrongan, jenis philodendron merambat tidak kalah bagus. Sebut saja spesies merambat yang umum telah dikenal adalah P.scandes, P. cordatum, dan P.imbe. Hanya saja untuk menampulkan keindahannya diperlukan pegangan batangnya yang lemas dan akar napasnya.

Artikel terkait

Jadi, semua itu terserah Anda. Maun sebagai pot plant atau penghias taman. Pilih saja sesuai kepeuntukannya. Untuk jenis yang merambat umumnya hidup menempel pada sebuah pohon besar atau pada tiang tempat merambat. Fungsi utamanya sebagai penghias taman. Untuk jenis perdu ditanam di pot cocok untuk mempercantik ruangan.

Empat Hal

Tampaknya selisih rupiah saja dapat membuat Anda berpaling ke tanaman hias lain, semisal keladi atau aglaonema. Terlebih lagi cerita ketiga di tanaman tersebut sama-sama kuatnya. Anda yang sedang mencari tanaman hias untuk penghias teras rumah, philodendron bukan pilihan mutlak, tentu bisa terpengruh oleh aglaonema.

Tetapi itu baru babak pertama. Masih ada babak-babak berikutnya. Apakah philodendron sesuai dengan fungsi yang Anda inginkan. Pertanyaan ini harus Anda tuntaskan sebelum membelinya.

Rasanya sulitmencari jawaban untuk pertanyaan di atas. Baiklah, dari hasil wawancara dengan praktisi tanaman hias akan berbagai ceritanya. Secara umum performa philodendron sudah ideal. ‘Moon light’, misalnya, memiliki ukuran daun proporsional dengan tangkainya.

Bentuk ‘Moon light’ cenderung mengarah kepada tripikal tanaman hias yang mencerminkan keanggunan. Ketegasan itu ditampilkan oleh posisi daun yang tidak tegak atau cenderung melambai-lambai.

Kesan sederhana juga dirasakan pada bentuk daunnya yang cenderung halus dan mulus, tanpa tulang atau urat daun yang menonjol. Daun terkesan apa adanya, warnanya polos, misal hijau terang (light green), hijau gelap (Idark green), atau hijau kehitaman (black green). Bandingkan dengan aglaonema yang sekujur permukaan daun dihiasi batikan atau urat tegas pada keladi.

Meski begitu, philodendron memiliki keunggulan pada daya tahannya yang kuat di kondisi gelap, mudah dipelihara, bentuknya yang eksotis, hingga relatif tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Philodendron tidak membingungkan pemilik. Kondisi ini tentu saja cocok bagi Anda pemula yang baru saja belajar memelihara tanaman hias.

Satu lagi, kabar yang menggembirakan berdasarkan hasil suatu penelitian ilmiah, philodendon dapat menyerap zat polutan yang ada di udara, yaitu benzena, trikoroethylen, dan formaldehia. Dengan kata lain, peliharalah philodendron di rumah Anda.

Harapannya, selain menikmati kemolekannya, paling tidak Anda telah membantu mengatasi polusi udara lingkungan sekitar.

loading...
Keindahan Bunga Hias Philodendron Penghias Rumah | Penulis | 4.5